Ilustrasi (Google/ id.merbabu.com)
Selasa, 23 Agustus 2016 21:20 WIB Ujang Hasanudin/JIBI/Harian Jogja Kota Jogja Share :

KORUPSI JOGJA
Pegawai Gembiraloka Zoo Dihukum 18 Bulan Karena Tilep Jatah Makan Harimau

Korupsi Jogja dilakukan oleh petugas Gembiraloka Zoo
Solopos.com, JOGJA–Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Kota Jogja menjatuhkan hukuman penjara selama 18 bulan kepada Sage, 37, warga Wonogiri, Jawa Tengah, karena telah menilep uang jatah makan Harimau Taman Wisata Satwa Gembiraloka Zoo.

Hukuman ini lebih ringan dibanding tuntutan jaksa yang menuntut Sage dihukum 2,6 tahun penjara. “Secara sah dan meyakinkan terdakwa terbukti bersalah menyalahgunakan kewenangan yang merugikan perusahaan,” kata Ketua Majelis Hakim PN Jogja, Alexander Sampewai saat membacakan putusan di PN Jogja, Selasa (23/8/2016).

Dalam pertimbangannya, hakim menilai terdakwa Sage yang dipercaya sebagai kepala unit nutrisi semua hewan di Gembiraloka Zoo itu telah menyalahgunakan kewenangannya. Sage tidak memberikan jatah makan tambahan nutrisi daging kambing tiap Rabu dan Minggu.

Hakim tidak membebani Sage mengganti uang kerugian PT. Buana Alam Tirta selaku pemilik aset Gembiraloka Zoo sebesar Rp124 juta. Namun sejumlah barang bukti yang diduga dibelikan dari hasil penggelapan disita dan dikembalikan kepada Gembiraloka Zoo, di antaranya dua unit sepeda motor.

Mendengar putusan tersebut, Sage mengaku bersalah dan menerima hukuman tersebut. Selain terkena hukuman pidana ayah dari tiga anak ini juga terancam dipecat dari PT. Buana Alam Tirta.

lowongan pekerjaan
PT.SUMBER BARU LAND, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…