Soloraya
Selasa, 23 Agustus 2016 - 16:44 WIB

Broadcast Kecelakaan Ema di Manahan Solo Hoax!

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Broadcast Messages tentang kecelakaan di Solo.

Broadcast Messages tentang kecelakaan di Solo ternyata hoax.

Solopos.com, SOLO – Sebuah pesan berantai atau broadcast messages menyebut terjadinya kecelakaan di simpang empat Manahan, Solo. Namun setelah diperiksa oleh Polresta Solo, kejadian itu tak pernah terjadi.

Advertisement

Broadcast itu mencuat sejak, Senin (22/8/2016) dan terus beredar hingga Selasa (23/8/2016). Dalam pesan itu disebut kecelakaan menelan korban bernama Ema Aprili yang meninggal di tempat.

Isi pesan itu bertujuan untuk mencari keluarga korban. “Yang merasa punya keluarga bernama Ema Aprili membawa motor Jupiter merah, dikabarkan meninggal di depan perempatan Manahan,” demikian isi pesan tersebut.

“Diduga korban ini ditabrak mobil. Korban saat ini berada RS Dokter Oen. Saat ini belum ada keluarganya. Mohon dibantu sebarkan. Terima Kasih. #Hanya sekadar membantu #BantuBC,” lanjut pesannya.

Advertisement

Namun ternyata pesan itu hanyalah fiktif. Sebagaimana dikutip dari Solopos TV, Polresta Solo mengonfirmasi tak ada kecelakaan atas nama Ema Aprili. Pihak Polresta juga sudah mengecek ke RS Dokter Oen namun tak ada korban tersebut.

“Saya sudah mengecek dengan Kasatlantas, namun tidak ada kejadian-kejadian yang dimaksud. Kebetulan TKP juga dekat dengan Polresta, jadi kami langsung tanggap,” ujar Kasubag Humas Polresta Solo, AKP Yuliantara, saat dikonfirmasi SoloposTV, Selasa.

“Katanya korban di bawa ke RS Oen, tapi ternyata juag tidak ada,” lanjut dia.

Advertisement

Yuliantara menambahkan masyarakat harus hati-hati menyikapi broadcast messages seperti itu. Bisa saja, hal semacam itu dijadikan sebagai alat untuk melakukan tindak kriminal.

“Saya mengharapkan masyarakat untuk berhati-hati. Jika ada pesan seperti ini bisa langsung mengecek ke Polresta atau Satlantas. Hati-hati dan jangan terpancing,” tandas Yuliantara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif