Entertainment
Senin, 22 Agustus 2016 - 14:25 WIB

KABAR ARTIS : Ratna Listy Berbagi Motivasi lewat Literasi

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Artis multitalenta, Ratna Listy, memamerkan buku karyanya di sela perbincangan di studio Solopos FM, Senin (22/8/2016). (Damar Sri Prakoso/JIBI/Solopos)

Kabar artis Ratna Listy kini menerbitkan buku motivasi.

Solopos.com, SOLO – Bersikap rendah hati, menyadari bahwa masih banyak kekurangan adalah satu syarat penting dalam belajar demi meningkatkan kualitas diri.

Advertisement

Kalimat motivasi itu langsung menyapa pembaca di halaman 1 buku 100 Motivasi Ratna Listy. Sikap rendah hati bagi Ratna Listy adalah kunci dalam menapaki kehidupan.

“Rendah hati itu jadi tantangan tersendiri. Karena kalau kita ingin meningkatkan kualitas diri, syaratnya ya harus mau belajar. Tapi kalau kita sudah merasa paling benar, orang mau ngasih masukan atau pelajaran apa saja, kita enggak akan bisa menerima. Makanya, sikap rendah hati itu adalah kuncinya,” kata Ratna Listy saat berbincang di studio Solopos FM di lantai III Griya Solopos, Senin (22/8/2016).

Selain kalimat motivasi itu, total ada 100 quote sarat makna yang dikompilasikan artis multitalenta ini ke dalam buku perdananya tersebut. Kebanyakan quote itu berangkat dari hasil kontemplasi dan pengalaman pribadi perempuan kelahiran Madiun 2 Agustus 1973 ini. Contohnya quote Terkadang engkau harus menjauh dari kehidupan seesorang bukan karena berhenti mencintai, tapi karena harus melindungi diri dari luka. Quote ini dia buat saat memutuskan untuk menjadi single parent bagi kedua anaknya, Reiki, 12, dan Keisha, 10.

Advertisement

“Awalnya saya juga enggak berniat bikin buku, tapi hanya mengumpulkan quote motivasi milik saya. Bahasanya juga bahasa sehari-hari, bukan bahasa penyair yang puitis. Pokoknya yang sesuai suasana hati, langsung saya bikin quote. Lalu kawan-kawan terus mendorong saya agar menjadikannya sebuah buku. Oleh penerbit, kemudian juga dikuatkan lagi dan jadilah buku ini dengan satu halaman satu quote,” tambah presenter salah satu reality show ini.

Ratna sebelumnya merasa sedih kalau ada teman yang mengumpat, marah, mencaci, dan mengeluarkan hampir semua perkataan negatif dalam status Facebook-nya atau media sosial lainnya, dan akhirnya banyak orang membacanya. Sejak enam tahun lalu, Ratna kemudian mencoba memberikan warna positif pada status media sosial dengan quote-quote motivasinya.

“Inspirasinya bisa datang kapan saja dan di mana saja. Kadang saat sedang menunggu boarding di airport lounge, ketika sedang di lokasi shooting yang panas dan berdebu, atau di mana saja. Begitu inspirasi datang, langsung saya save di memori Blackberry dan langsung saya unggah sebagai status BBM sesuai suasana hati saat itu. Niat awalnya sebagai motivasi bagi diri sendiri”.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif