Sport
Sabtu, 20 Agustus 2016 - 02:00 WIB

PARALYMPIC GAMES 2016 : Indonesia Belum Berani Pasang Target dari Atletik

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Paralympic Games 2016 akan diikuti kontingen Indonesia.

Solopos.com, SOLO – Indonesia belum berani mematok target tinggi meski berhasil meloloskan dua atlet atletik untuk kali pertama di Paralympic Games 2016.

Advertisement

Pada Paralympic Games 2012 di London, Inggris, hanya satu atlet yang mewakili Indonesia di cabang olahraga (cabor) atletik, yakni Setyo Budi Hartanto. Namun, jatah Indonesia di cabor atletik bertambah pada Paralympic Games di Rio de Janeiro, Brasil, tahun ini menyusul lolosnya Abdul Halim Dalimonte pada tenggat terakhir kualifikasi, 30 Juni 2016 lalu.

Setyo dan Abdul Halim akan berangkat bersama tujuh paralimpian lain asal Indonesia ke Rio de Janeiro pada 2 September nanti. Ketujuh wakil Indonesia lainnya adalah Ni Nengah Widiasih dan Siti Mahmudah dari cabor angkat berat, Agus Ngaimin, Jendi Pangabean, Marinus Yowey, dan Syuci Indriyani dari cabor renang, serta David Jacob dari tenis meja.

Meski ada peningkatan pada jumlah atlet di cabor atletik, National Paralympic Committee (NPC) Indonesia belum berani memasang target tinggi. Setyo dan Abdul Halim hanya diharapkan mampu menorehkan catatan waktu dan jarak lebih baik.

Advertisement

“Target medali hanya di tenis meja lewat David Jacob dan angkat berat dari Ni Nengah. Kalau untuk atletik masih sangat berat, kami masih jauh dari negara-negara Eropa, Amerika, Tiongkok, dan Iran. Setidaknya, mereka [Setyo dan Abdul Halim] bisa memperbaiki rekor,” ujar Koordinator Cabor sekaligus pelatih atletik NPC, Waluyo, saat ditemui Solopos.com, di sela-sela latihan tim atletik proyeksi ASEAN Para Games (APG) 2017 di Stadion Sriwedari, Solo, Jumat (19/8/2016) sore.

Dua pekan sebelum bertolak ke Rio de Janeiro, Setyo dan Abdul Halim semakin intensif berlatih. Pada Paralympic Games 2012, Setyo yang tampil dengan mengantongi wildcard berhasil melaju ke final lompat jauh dan menempati peringkat keenam serta merebut posisi kedelapan pada nomor lompat jangkit.

Namun, tahun ini, Setyo absen di nomor lompat jangkit dan hanya akan turun di nomor lompat jauh dan lari 100 meter. Sementara itu, Abdul Halim bertanding di nomor lari 100 meter dan 200 meter.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif