Jogja
Sabtu, 20 Agustus 2016 - 02:20 WIB

HAJI 2016 : Jamaah Haji Kulonprogo Diiminta Doakan Kampung Halaman

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo menyambut para jamaah haji di Masjid Agung Wates yang tiba dari Tanah Suci, Mekah, Selasa (21/10/2014). (Holy Kartika N.S/JIBI/Harian Jogja)

Haji 2016 di Kulonprogo didominasi usia lanjut

Harianjogja.com, KULONPROGO-Sebanyak 220 warga jemaah calon haji asal Kulonprogo dilepas keberangkatannya pada Jumat (19/8/2016) dini hari di Masjid Agung Wates. Dari jumlah tersebut, sebagian besar didominasi warga berusia di atas 50 tahun.

Advertisement

Sebanyak 83 jemaah haji berusia 52-60 tahun, 60 orang berusia 61-70 orang, dan 27 orang berusia lebih dari 70 tahun. Kepala Kantor Kemenag Kulonprogo, Nurudin mengatakan mengatakan bahwa hanya 1 orang yang berusia antar 20-30 tahun yang sekaligus menjadi jemaah haji termuda asal Kulonprogo. “Usia yang paling muda 30 tahun asal Galur,”ujarnya ketika acara.

Selain itu, 12 orang berada di rentang usia 31-40 tahun dan 37 orang berusia 41-50 tahun. Sedangkan jemaah paling tua  berusia 79 tahun yang merupakan warga Kecamatan Lendah. Jemaah haji asal Kulonprogo pada tahun ini sendiri terdiri dari 111 pria dan 109 wanita.

Nurudin menyebutkan bahwa para calon haji asal Kulonprogo ini kemudian akan tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 28 SOC. Dalam kloter ini, ratusan jemaah haji ini akan terbang bersama jemaah calon haji asal Kota Jogja. Para jemaah ini juga akan menempati penginapan yang berjarak 3 kilometer dari Masjidil Haram.

Advertisement

Bupati Kulonprogo, Hasto Wardoyo dalam sambutannya mengatakan bahwa jemaah haji harus berangkat dengan penuh syukur karena mendapatkan kesempatan menjalankan ibadah utama umat Islam ini. Menurutnya, tidak semua orang dapat memiliki kesempatan untuk melaksanakan ibadah haji ke tanah suci.

Ia juga berharap agar perjalanan ibadah warga Kulonprogo ini diberi kelancaran, kesehatan,dan kemudahan. Selain itu, jemaah juga diminta untuk tetap menjaga kesehatannya semabri kusyuk beribadah.

Tak lupa, Hasto juga meminta agar jemaah haji ikut mendoakan warga Kulonprogo, khususnya keluarga yang ditinggalkan. “Harus tetap menjaga kekompakan dan kebersamaan selama ibadah,”kata Hasto.

Advertisement

Jemaah calon haji ini dilepas oleh Bupati Kulonprogo yang didampingi oleh Wakil Bupati Kulonprogo, Sutedjo, Kepala Kantor Kemenag Kulonprogo, dan sejumlah pimpinan SKPD terkait. Jemaah haji ini berangkat dengan menggunakan bus seusai melaksanakan shalat subuh berjamaah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif