Otomotif
Jumat, 19 Agustus 2016 - 04:00 WIB

INDUSTRI OTOMOTIF : Menyerah, Suzuki Tutup Pabrik Sepeda Motor di Negeri Jiran

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suzuki Belang 150R. (Suzuki.com.my)

Industri otomotif roda dua yang lesu memaksa Suzuki tutup pabrik.

Solopos.com, KUALA LUMPUR – Suzuki Motor Corp memutuskan menyudahi industri otomotif roda dua mereka di Malaysia lantaran terus merugi akibat penurunan permintaan pasar.

Advertisement

Dalam siaran resmi yang dikutip Solopos.com dari laman Suzuki.com.my, Kamis (18/8/2016), Suzuki mengatakan telah menutup pabrik perakitan sepeda motor di Pulau Pinang, Malaysia termasuk diler utama di wilayah Alor Setar, Melaka, dan Johor.

“Segala yang terjadi amat disesalkan tapi kami mengucapkan terima kasih atas dukungan Anda selama ini,” tulis Suzuki Malaysia.

Sementara dilaporkan laman Nikkei Asia, setelah penutupan pabrik, Suzuki Malaysia akan menjual motor dengan cara mengimpor utuh (CBU) dari Jepang dan harus menerima risiko produk yang mereka jual harganya menjadi lebih tinggi.

Advertisement

Industri otomotif roda dua Suzuki Malaysia mampu menghasilkan 16.000 unit sepeda motor pada 2013. Tetapi pada 2015, jumlah tersebut turun drastis lebih dari 50 persen sehingga memaksa pabrikan asal Jepang itu menutup pabriknya tahun ini demi efisiensi.

 

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif