Jogja
Jumat, 19 Agustus 2016 - 10:55 WIB

HUT KEMERDEKAAN RI : Anggota Paskibra Gunungkidul Dapat Liburan Gratis ke Bali, Bukan Hura-hura, Tapi?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelajar putri melakukan push up dalam seleksi Paskibraka Kabupaten Sleman di stadion Tridadi, Rabu (25/3/2015). Rima Sekarani/JIBI/Harian Jogja)

HUT Kemerdekaan RI, Pemkab Gunungkidul sediakan hadiah bagi anggota paskibraka

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Sukses menyelenggarakan upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Gunungkidul diberi fasilitas jalan-jalan ke Bali. Rombongan akan diberangkatkan pada awal September nanti.

Advertisement

Kepala Seksi Kepemudaan Disdikpora Gunungkidul C Agus Mantara mengatakan untuk pemberangkatan ke Bali sudah mengalokasikan dana Rp150 juta. Rencananya rombongan yang berangkat ada 100 orang yang terdiri dari anggota paskibra lengkap dengan para pelatih.

“Semua sudah siap dan tinggal pemberangkatan dan rencananya dilaksanakan pada awal September besok,” katanya, Kamis (18/8/2016)

Dia menegaskan, kegiatan ke Bali itu bukan ajang hura-hura karena ada nilai-nilai pendidikan dalam kunjungan tersebut. Rencananya anggota akan diajak berkeliling ke tempat-tempat yang memiliki peran dalam perkembangan bangsa, salah satunya ke Istana Tampak Siring. Dari kegiatan ini diharapkan peserta dapat mengetahui sejarah dan seluk beluk tempat tersebut.

Advertisement

Agus menambahkan, pemilihan Bali sebagai tempat tujuan merupakan kesepakatan bersama. Awalnya disdikpora memberikan beberapa opsi seperti Jakarta dan Bogor, namun peserta lebih memilih Bali sebagai tujuan. “Nantinya kami juga meminta anggota untuk membuat laporan terkait dengan pelayanan wisata di sana [Bali] bisa sampai jadi destinasi unggulan di Indonesia. Dari laporan itu akan jadi masukan untuk pengembangan wisata di Gunungkidul. Jadi saya tegaskan ini bukan ajan senang-senang,” ungkapnya.

Terpisah, Aktivis Jejaring Rakyat Mandiri (Jerami) Rino Caroko menilai pemberangkatan anggota paskibra ke Bali lebih sebagai ajang hura-hura yang tidak bermanfaat. Untuk memberikan penghargaan atas jerih payah dalam peringatan kemerdekaan, menurut Rino bisa dilakukan dengan cara lain dan lebih bermanfaat. Dia mencontohkan, pemberian penghargaan bisa diwujudkan dengan memberikan beasiswa pendidikan yang jumlahnya disesuaikan dengan anggaran yang dimiliki.

“Saya kira ini lebih baik daripada hanya memberikan manfaat dan bisa memacu peserta untuk menggapai pendidikan yang lebih tinggi lagi,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif