Jogja
Jumat, 19 Agustus 2016 - 14:20 WIB

HAJI 2016 : Sakit di Donohudan, 6 Calhaj Bantul Terancam Ditunda Keberangkatannya

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Haji 2016 dari Bantul, ada enam orang yang terancam ditunda keberagnkatannya

Harianjogja.com, BANTUL—Sebanyak enam calon haji (calhaj) dari kabupaten Bantul terancam ditunda keberangkatanya karena mengalami sakit saat sampai di Embargasi Dohnohudan, Solo.

Advertisement

Calhaj kloter 26 dari kabupaten Bantul dirawat dirumah sakit karena mengalami sakit. Terdapat lima calhaj yang kini dirawat di Rumah Sakit (RS) Moewardi dan satu lainya dirawat di RS TNI AU Solo.

Keenam Calhaj tersebut bernama Mira Andriyani, Sri Widiastuti, Endah Kurniati, Dahlan Masduki, Basuki Ujiyanta.

Humas Kementerian Agama (Kemenag) Bantul, Ponijo menerangkan keenam calhaj tersebut menderita kelelahan karena faktor usia. Selain itu juga ada yang diakibatkan karena penyakit bawaan dan ada yang melakukan transfusi darah.

Advertisement

Ia menilai para calhaj konsidi fisiknya menurun akibat faktor stress dan kecemasan ketika akan diberangkatkan. “Kami akan terus pantau kondisi semua calhaj sampai besok pagi akan diberangkatkan,” ujar Ponijo saat dihubungi melalui telpon, pada Kamis (18/8/2016).

Ponijo mengatakan Jika sampai Jumat (19/8/2016) pagi, keenam calhaj kondisinya tidak membaik maka akan ditunda keberangkatanya sampai dinyatakan layak oleh para petugas kesehatan.

Sebelum diberangkatkan pada Jumat pagi, para calhaj akan melalui tes kesehatan terlebih dahulu. Mereka yang tidak lolos tes kesehatan akan menunggu keberangkatan di kloter selanjutnya jika kondisinya dinyatakan sudah layak oleh petugas kesehatan.

Advertisement

Pelaksana tugas (plt) Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bantul, Mahmudi mengatakan sebagai pelaksna teknis penyelenggaraan haji, Dinsos akan siap memfasilitasi semua keperluan Calhaj termasuk dalam hal transportasi pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji.

Saat ditanya mengenai kepulangan calhaj jika terdapat calhaj ditunda keberangkatkanya. Mahmudi mengatakan lebih lanjut dia akan berkordinasi dengan pihak Kemenag Kabupaten Bantul.

Advertisement
Kata Kunci : Haji 2016 Haji Bantul
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif