News
Kamis, 18 Agustus 2016 - 11:17 WIB

Wakil Dubes Korut Membelot ke Korsel

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Tae Yong-ho. (NYTimes.com)

Thae Yong-Ho, wakil Dubes Korut untuk Inggris membelot ke Korsel.

Solopos.com, PYONGYANG – Wakil Duta Besar Korea Utara (Korut) untuk Inggris, Thae Yong-ho, dikabarkan membelot ke Korea Selatan (Korsel). Kabar tersebut disampaikan oleh Juru Bicara Kementerian Unifikasi Korsel Jeong Joon-hee dalam konferensi pers pada Rabu 17 Agustus 2016 di Seoul.

Advertisement

Yong-ho bersama keluarganya dikabarkan telah tiba di Seoul. Namun, Jeong Joon-hee tidak memberikan informasi detail mengenai waktu kedatangan Yong-ho di Negeri Ginseng. Thae Yong-ho sebelumnya pernah mencari suaka di negara lain sebelum membelot ke Korsel.

“Mereka kini berada di bawah perlindungan Pemerintah Korsel,” ujar Jeong Joon-hee singkat, seperti dimuat Yonhap, Kamis (18/8/2016).

Thae menjadi salah satu diplomat top Korut yang membelot ke Korsel setelah sanksi yang lebih ketat dijatuhkan PBB kepada Pyongyang akibat serangkaian uji coba nuklir dan rudal balistik. Jeong yakin Thae membelot karena kekecewaan terhadap rezim Kim Jong-un.

Advertisement

“Kasus ini menunjukkan elite-elite di Korut merasa negara mereka tidak punya harapan dan masa depan. Itu juga menunjukkan solidaritas internal di rezim pemerintah Korut semakin melemah,” tutup Jeong Joon-hee.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif