Jogja
Kamis, 18 Agustus 2016 - 00:20 WIB

HAJI 2016 : Walikota Jogja Minta Jamaah Haji Tidak Malu Pakai Gelar Haji

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Haji 2016 dari Jogja tahun ini akan diikuti sebanyak 237 orang

Harianjogja.com, JOGJA-Walikota Jogja Haryadi Suyuti melepas 237 jemaah haji asal Kota Jogja di Masjid Diponegoro, Kompleks Balai Kota Jogja, Selasa (16/8/2016) sore. Dalam pelepasan tersebut, walikota minta jemaah haji tidak malu menggunakan gelar haji di depan nama, karena gelar tersebut bisa berfungsi sebagai kontrol dalam kehidupan sehari-hari dimasyarakat.

Advertisement

“Jangan malu-malu untuk menuliskan titel haji, ini bukan untuk sombong-sombongan atau riya, namun untuk mengingatkan kita agar tidak tergoda melakukan hal-hal yang tidak baik, terlebih di era sosial media sekarang di mana godaan semakin banyak” kata Haryadi dalam pidatonya.

Haryadi juga berpesan kepada jemaah agar senantiasa bersabar dan selalu berperasangka, serta menjaga kesehatan baik selama menjalankan ibadah haji sampai pulang kembali ke tanah air dalam keadaan baik.

Jumlah jemaah haji asal Kota Jogja sebanyak 368 orang yang akan berangkat ke tanah suci tahun ini. jemaah terbagi ke dalam dua dua gelombang keberangkatan atau kelompok terbang (kloter) 23 dan 24.

Advertisement

Untuk kloter 23, Selasa kemarin langsung menuju Asrama Haji Donohudan, Boyolali, lalu ke tanah suci pada Rabu (17/8/2016) malam, sekitar pukul 23.55 WIB. Sementara kloter 24 akan diberangkatkan pada hari ini, Kamis (18/8/2016).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Jogja, Sigit Warsita mengatakan dari hasil pengecekan kesehatan, semua jemaah calon haji asal Kota Jogja dalam keadaan sehat. Usia rata-rata calon jemaah haji diatas 50 tahun.

Namun demikian, ia mengingatkan kepada semua jemaah untuk tetap menjaga kesehatan selama di tanah suci mengingat cuaca di Mekah sedang panas. Tidak melupakan istirahat. “Kami juga meminta jemaah untuk mematuhi jadwal ibadah yang sudah ditetapkan,” kata Sigit.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif