News
Rabu, 17 Agustus 2016 - 09:12 WIB

HUT RI : Kali Pertama, Kirab & Parade Tari Daerah Mengiringi Paskibraka ke Istana

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2016 asal Sulawesi Barat Ade Yuliana mencium bendera Merah Putih saat upacara pengukuhan yang dipimpin Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta, Senin (15/8). Presiden mengukuhkan 67 anggota Paskibraka, dari 68 siswa calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Nasional 2016 yang terpilih untuk melakukan upacara pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih saat peringatan 71 tahun Kemerdekaan Indonesia di Istana Merdeka pada 17 Agustus mendatang. (JIBI/Solopos/Antara/Yudhi Mahatma)

HUT RI diperingati lebih merakyat di Istana Negara. Ada kirab dan parade tari daerah yang mengiringi Paskibra di Istana.

Solopos.com, JAKARTA — Untuk kali pertama, upacara peringatan HUT RI di Istana Negara Jakarta diwarnai kirab yang melibatkan anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka). Dalam upacara peringatan HUT RI ke 71, Rabu (17/8/2016), mereka menaiki kereta kencana menuju lokasi upacara.

Advertisement

Kereta kencana berwarna putih tersebut masing-masing membawa dua anggota Paskibra di Jl. Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Di samping itu, ada ratusan penari tradisional lengkap dengan pakaian adat masing-masing.

Para penari sudah terlebih dulu bergerak menuju ke lokasi upacara. Parade ini pun menarik perhatian warga yang menonton di pinggir jalan. Bahkan warga ini tak hanya datang dari Jakarta, tapi dari tempat-tempat lain.

Hal ini merupakan instruksi dari Presiden Joko Widodo agar upacara resmi kenegaraan ini bisa dinikmati masyarakat. Masyarakat pun sudah datang ke kawasan ini sejak pukul 07.00 WIB.

Advertisement

Sejumlah aparat kepolisian berjaga-jaga agar warga tidak mendekat ke Istana, tempat digelarnya upacara. Warga yang ingin menyaksikan upacara HUT RI di Istana Negara tak hanya datang dari Jakarta.

Ada juga yang datang dari Bekasi, yakni Jafar (45 tahun). Dia datang bersama anaknya yang paling kecil.

Kebetulan anaknya hari ini libur, tidak ikut upacara di sekolah. “Saya ke sini sama anak yang paling kecil Sengaja karena ini tanggal merah,” kata Jafar saat berbincang dengan detikcom, Rabu (17/8/2016).

Advertisement

Menurut Jafar, anaknya kepingin bertemu dengan Presiden Jokowi. “Anak saya pingin ketemu Pak Jokowi, saya tidak tahu, bisa ketemu apa tidak,” kata dia.

Saat ini sejumlah persiapan telah dilakukan untuk upacara peringatan HUT RI ke 71. Arus lalu lintas di jalan Medan Merdeka Utara telah ditutup untuk kedua arah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif