Jogja
Selasa, 16 Agustus 2016 - 16:20 WIB

LONGSOR GUNUNGKIDUL : Hujan Deras Melanda, Warga Wonosari Was-was

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi longsor (JIBI/dok)

Longsor Gunungkidul terjadi di dekat perumahan warga.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL  – Longsor Gunungkidul bermula dari talut setinggi delapan meter dan lebar 20 meter di Dusun Wonosari, Desa Semoyo, Patuk ambrol pada Senin (15/8/2016) pagi. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, tetapi material longsoran mengancam rumah milik warga.

Advertisement

Rumah warga yang terancam longsor ini merupakan milik Edi Hartono,47, warga RT 02/RW 03, Dusun Wonosari, Semoyo. Penyebabnya rumah dengan talut hanya berjarak tiga meter, sementara kondisi talut sudah ambrol karena hujan yang mengguyur pada dini hari kemarin.

Untuk sementara waktu, Edi mengaku masih akan tetap bertahan di rumahnya sendiri. Namun Edi berjanji saat ada hujan deras akan mengungsi ke tempat yang lebih aman, untuk berjaga-jaga kalau ada longsor susulan.

“Kondisinya sudah kritis dan bisa menerpa rumah. Untuk itu, kami akan terus waspada,” imbuh Edi.

Advertisement

Terpisah, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Gunungkidul, Budhi Harjo mengaku sudah menerjunkan personel untuk memantau longsor di Desa Semoyo, Patuk. Dia pun berharap agar warga di sekitar talut berhati-hati dan waspada terhadap potensi longsor susulan.

“Memang longsoran tidak sampai menimbulkan korban jiwa, tapi di sekitar lokasi masih sangat berbahaya karena masih berpotensi terjadi longsor susulan,” kata Budhi.

Dia menjelaskan, untuk proses pebaikan masih menunggu kesiapan warga setempat. Dalam prosesnya nanti, Budhi berjanji akan memberikan bantuan tenaga maupun logistik agar proses pemulihan berlangsung aman dan lancar.

Advertisement

“Untuk besaran kerugian masih kita data. Tapi yang paling penting meminta kepada seluruh warga yang berada di zona rawan untuk berhati-hati karena musibah longsor masih ada seiring dengan potensi hujan yang masih tinggi,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif