Jogja
Selasa, 16 Agustus 2016 - 10:12 WIB

HUT KEMERDEKAAN RI : Pendakian Merapi Hanya Disarankan Sampai Pasarbubar

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

HUT Kemerdekaan RI unik biasanya juga diperingati di daerah dataran tinggi.

Harianjogja.com, JOGJA — Terkait HUT Kemerdekaan Ri ke-71 dan pendakian ke Gunung Merapi, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) DIY menyatakan hal tersebut dapat dilakukan dengan sejumlah catatan.

Advertisement

Kepala BPPTKG DIY,  I Gusti Made Agung Nandaka mengatakan berdasarkan data pemantauan baik instrumental maupun visual, aktivitas Gunung Merapi saat ini dalam tingkat Normal. Tidak ada indikasi akan adanya peningkatan aktivitas yang dapat mengancam keselamatan aktivitas manusia di luar radius dua kilometer dari puncak Merapi.

“Pendakian Gunung Merapi direkomendasikan hanya sampai Pasarbubar (2700 m dpl),” katanya seperti dikutip dari rilis yang Harianjogja.com terima Selasa (16/8/2016).

Sebab, kata dia, kondisi morfologi puncak Merapi dinilai tidak aman untuk beraktivitas. Selain itu ancaman bahaya letusan preatik masih mungkin terjadi. Akibatnya risiko kecelakaan semakin besar dengan kepadatan jumlah pendaki yang tinggi.

Advertisement

Made juga menyatakan pendaki diminta tidak melakukan aktivitas apapun  di sekitar stasiun – stasiun pemantauan dalam radius 30 meter. Bila terjadi, kerja sensor pemantauan dalam mendeteksi aktivitas Gunung Merapi dapat terganggu.

“Pendaki diharapkan dapat berperan serta dalam menjaga keberlangsungan pemantauan aktivitas Gunung Merapi dengan tidak melakukan vandalisme, perusakan, dan gangguan apapun pada stasiun – stasiun pemantauan,” tegasnya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif