Jogja
Selasa, 16 Agustus 2016 - 12:55 WIB

FKY 2016 : Konsep Dibuat Berbeda, Seperti Ini Gambarannya

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono saat tumpengan syukuran jelang pelaksanaan FKY 28 di Taman Kuliner Sleman, Senin (15/8/2016). (Abdul Hamid Razak/JIBI/Harian Jogja)

FKY 2016 memiliki konsep berbeda.

Harianjogja.com, SLEMAN – Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) 28 tahun ini beda konsep dengan sebelumnya. Acara seni tahunan tersebut akan dibuka di titik nol kota Jogja pada Selasa (23/8/2016) oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubawono X.

Advertisement

Kegiatan tersebut digelar hingga 9 September di Taman Kuliner Condongcatur Sleman. Festival yang telah menginjak tahun ke-28 itu mengangkat tema Masa Depan, Hari Ini Dulu.

Kepala Dinas Kebudayaan DIY Umar Priyono mengatakan, berbeda dengan tahun lalu, FKY tahun ini akan dibuka dari titik nol kilometer oleh Gubenur DIY dan Dirjen Kebudayaan pusat. Selama pembukaan, akan dimeriahkan kurang lebih 30 kontingen mulai budayawan dan seniman dari Jogja hingga seniman dari tujuh provinsi lainnya.

“Ada juga workshop dan pemutaran film yang diikuti para sineas dari Jakarta Bekasi, Pekalongan, Surabaya,” ujar Umar.

Advertisement

Dia optimistis, jumlah pengunjung bisa melebihi pelaksanaan FKY tahun lalu. Tahun 2015, tidak kurang dari 230.000 pengunjung FKY. Selain di Taman Kuliner, kegiatan FKY juga digelar di Taman Budaya Yogyakarta (TBY). Di TBY digelar pameran seni rupa.

“Awalnya sempat khawatir FKY akan sepi karena digelar di Taman Kuliner. Tepi ternyata tidak terjadi. FKY kali ini juga berorientasi pada lingkungan. Mengambil venue salah satu acara di Tebing Breksi Sleman,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif