Sport
Selasa, 16 Agustus 2016 - 11:33 WIB

ASIAN GAMES 2018 : Palembang Segera Bangun Arena Boling

Redaksi Solopos.com  /  Jumali  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - logo Asian Games 2018 (detikcom)

Asian Games 2018 akan digelar di Jakarta dan Palembang.

Harianjogja.com, PALEMBANG — Sinar Mas Group akan membangun arena boling Asian Games ke-18 tahun 2018 di Palembang dengan biaya mencapai Rp60 miliar.

Advertisement

Satgas pembangunan venue boling Asian Games, Judy Liestianto mengatakan, arena boling ini diproyeksikan berada di samping Gedung Bank Sumsel Babel Jakabaring.

“Rencananya pada tahun ini akan mulai dibangun karena target selesai Oktober 2017, setelah itu pada Maret 2018 sudah ada ajang tes event,” kata Judy, di Palembang, Senin (15/8/2016).

Advertisement

“Rencananya pada tahun ini akan mulai dibangun karena target selesai Oktober 2017, setelah itu pada Maret 2018 sudah ada ajang tes event,” kata Judy, di Palembang, Senin (15/8/2016).

Keputusan Rapat Kordinasi Komite (Corcom) ke-4 yang digelar di Bali pada 11 Mei 2016 tidak mengubah hasil Corcom ke-3 pada Januari lalu.

Corcom ke-4 memutuskan pemindahan tempat pelaksanaan beberapa cabang olahraga, yaitu atletik akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno dari semula di Stadion Madya, dan cabang olahraga boling dipindahkan ke Palembang.

Advertisement

Terkait ini, Persatuan Boling Indonesia Provinsi Sumatera Selatan berharap arena boling untuk pertandingan Asian Games ke-18 tahun 2018 segera dibangun di Palembang sehingga dapat dimanfaatkan atlet daerah.

Ketua Harian Pengurus Provinsi PBI Sumsel Saidina Ali, mengatakan, jika pembangunan arena itu segera direalisasikan maka atlet tidak perlu lagi berlatih alakadarnya yakni menggunakan arena milik PT Pertamina di Palembang.

“Setelah Arena Boling Ramayana resmi ditutup pada 2010, atlet menjadi kesulitan untuk mendapatkan tempat berlatih. Sementara ini berlatih seadanya di Arena Boling Pertamina, sedangkan bagi atlet yang memiliki uang memilih berlatih di Jakarta,” kata Saidina.

Advertisement

Ia mengemukakan, kalangan boling Sumsel sangat menyambut baik keputusan Dewan Olimpiade Asia (OCA) yang memilih Palembang sebagai penyelenggara pertandingan boling.

“Asian Games ini menjadi momentum boling Sumsel untuk bangkit. Jangan seperti sekarang ini, atlet hanya 12 orang dan enam orang diantaranya ikut PON,” kata dia.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin meminta kalangan boling Sumsel untuk bersabar karena sebentar lagi arena yang diimpikan akan dibangun di Palembang.

Advertisement

“Semula akan dibangun di Palembang Icon Mal, namun belakangan pemilik menyatakan tidak sanggup jika harus selesai pada enam bulan sebelum Asian Games. Jadi rencananya akan dialihkan ke Kompleks Olahraga Jakabaring dengan menggandeng pihak swasta,” kata Alex.

Sementara itu, Sinar Mas Group memiliki sejumlah anak perusahaan di Sumatera Selatan yang bergerak di sektor perkebunan, salah satunya OKI Pulp And Paper berada di Ogan Komering Ilir dengan nilai investasi mencapai Rp40 triliun.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif