Jogja
Senin, 15 Agustus 2016 - 18:55 WIB

MENYAPA PROGO : Bagi Gadis Ini, Musik adalah Cara Terbaik untuk Menenangkan Diri

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Johana Paula Charissa. (Rima Sekarani I.N./JIBI/Harian Jogja)

Menyapa progo kali ini menampilkan sisi lain seorang siswa SMPN 1 Wates

Harianjogja.com, KULONPROGO -Johana Paula Charissa tertarik untuk belajar dan mengasah keterampilan bermain alat musik dan bernyanyi sejak kecil. Bagi dia, alunan musik dapat memberikan ketenangan jiwa bagi dirinya sendiri maupun orang di sekitarnya yang ikut mendengarkan.

Advertisement

Biola adalah alat musik pertama yang dipelajari Johana, yaitu saat masih tercatat sebagai siswa SMP Negeri 1 Wates. Musik sebenarnya bukan hal baru karena keluarga Johana sudah sejak lama akrab dengan jenis seni tersebut.

Seakan menyadari bakat dan minat anaknya, Johana kemudian diarahkan ibunya untuk belajar bermain piano.

“Awalnya belajar biola di sekolah, lalu disuruh ibu ikut les piano. Sekarang juga sudah bisa main gitar,” kata Johana kepada Harianjogja.com, Kamis (11/8/2016).

Advertisement

Saat ini Johana merupakan siswa kelas XII IPA 2 di SMA Negeri 1 Pengasih. Tahun lalu, dia berhasil menyabet juara pertama kategori menyanyi tunggal dalam Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) tingkat kabupaten.

Selain bermain alat musik, Johana memang punya hobi bernyanyi. Dia mendapatkan bimbingan dan dukungan cukup banyak dari pamannya yang kebetulan berprofesi sebagai guru musik. Dia juga sudah cukup akrab dengan panggung pertunjukkan karena sering diminta tampil dalam berbagai acara keluarga.

Meski begitu, Johana menyatakan tidak pernah dipaksa belajar musik oleh keluarganya, termasuk bernyanyi. Semuanya selalu atas keinginan dan persetujuan Johana.

Advertisement

Musik bahkan dianggap sebagai cara terbaik untuk menenangkan diri saat menghadapi berbagai masalah. Dia pun merasakan kepuasan tersendiri saat suara nyanyian atau keindahan nada dari permainan gitar, piano, atau biolanya bisa memberikan ketenangan serupa bagi mereka yang mendengarkan.

“Hobi saya memang bernyanyi sama main musik,” ujar Johana.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif