Sport
Senin, 15 Agustus 2016 - 00:00 WIB

KEJUARAAN RENANG : Sabet 29 Medali Emas, Elite Solo Juara Umum

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi.dok

Kejuaraan renang di Solo dimenangkan oleh klub Elite.

Solopos.com, SOLO — Klub renang asal Solo, Elite, dinobatkan sebagai juara umum pada Kejuaraan Renang Antar-Perkumpulan (KRAP) Se-Jawa Tengah Paswind Cup I di Kolam Renang Manahan, Solo, Jumat-Sabtu (12-13/8/2016).

Advertisement

Elite menjadi juara umum dengan perolehan 29 medali emas. Mereka hanya unggul tipis dari tuan rumah Pasific Swimming Indonesia (Paswind) yang mengantongi total 28 emas. Sumbangan medali emas Elite antara lain berasal dari Dwi Arjuna Saputro dan Vanessa Sanjoyo. Tak tanggung-tanggung, Dwi Arjuna menyokong tujuh emas, dua perak, dan satu perunggu bagi Elite.

Sementara Vanessa menyumbangkan 10 keping emas di kategori perorangan. Medali emas yang dikantongi Vanessa antara lain berasa dari nomor 50 meter gaya kupu-kupu, 100 meter gaya kupu-kupu, 200 meter gaya kupu-kupu, 50 meter gaya punggung, dan 100 meter gaya punggung.

Di 50 meter gaya punggung K-U 13 tahun, Vanessa mengalahkan Amelia Kartika Putri dari ACS Solo.  Perenang Solo tersebut mencatatkan waktu terbaik 2 menit 31,34 detik pada percobaan pertama, sedangkan Amelia mengukir waktu terbaik  waktu 2 menit 41,36 detik. Apa kunci kesuksesan Vanessa?

Advertisement

“Karena selalu berdoa kepada Tuhan. Selain itu berlatih giat. Saya bisa latihan sampai delapan kali dalam sehari,” ujar Vanessa ketika dijumpai wartawan seusai pertandingan, Sabtu.

Pelatih Elite, Budi Wiyanto, cukup puas dengan hasil yang diperoleh timnya. “Tentu puas karena bisa menjadi juara umum. Unggul tipis [dari Paswind] tidak masalah,” ujar dia.

Sementara itu, pelatih renang Paswind, Erwi Sukmo, gembira meski tidak bisa menjadi juara umum. Pasalnya, berada di peringkat kedua dalam perolehan medali sudah melebihi ekspektasi mereka.

Advertisement

“Ini merupakan kejuaraan pertama yang kami gelar. Antusiasnya sangat besar dengan jumlah peserta yang mencapai 493 atlet. Kami sendiri menurunkan 74 atlet dan bisa meraih 28 medali emas untuk bisa bertengger di urutan kedua perolehan akhir medali. Sangat membanggakan,” ujar dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif