News
Senin, 15 Agustus 2016 - 23:45 WIB

INFO HAJI 2016 : Tak Sesuai Standar, 3 Katering Madinah Kena Tegur

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Katering untuk jemaah calon haji Indonesia (Kemenag.go.id)

Info haji 2016 tiga perusahaan katering di Madinah ditegur lantaran layanan mereka tak sesuai standar.

Solopos.com, MADINAH – Tim katering Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi memberi teguran kepada tiga perusahaan katering di Madinah. Teguran diberikan karena layanan yang mereka berikan tidak sesuai standar yang telah ditentukan.

Advertisement

Kepala Seksi Katering Daerah Kerja Madinah, Ahmad Abdullah Yunus, mengatakan teguran bagi tiga perusahaan katering itu terkait kemasan, berat standar makanan, dan mobil boks pengantar yang tidak standar.

“Tapi, hingga hari ketujuh ini [sejak kedatangan jemaah kloter 1] masih lancar,” ujar Abdullah saat meninjau dapur salah satu perusahaan katering di Madinah, Senin (15/8/2016).

Abdullah seperti dikabarkan Kemenag.go.id menambahkan, standar yang ditetapkan Kementerian Agama dan Kementerian Kesehatan untuk satu kemasan makanan adalah nasi 200 gram, lauk 80 gram, dan sayur 40 gram. Karena itu, tim tidak akan main-main terkait kualitas makanan hingga distribusinya. Akan ada sanksi tegas hingga pemutusan kontrak bagi perusahaan katering yang melanggar.

Advertisement

Sebelum makanan sampai kepada jemaah calon haji Indonesia, tim katering memantau mulai dari saat proses produksi, pengepakan, hingga pendistribusian ke pemondokan jemaah haji. Tim akan melakukan tahapan melihat, mencium, hingga mencicipi.

“Kami juga awasi saat penimbangan agar jangan sampai kurang,” katanya.

Dalam menyeleksi perusahaan katering, tim Kemenkes dan Kemenag menerapkan sejumlah persyaratan. Mulai dari fasilitas gedung, izin, dan rekomendasi otoritas setempat. Selain itu, menurut Abdullah, perusahaan katering harus memiliki semacam standar ISO untuk katering, dokumen terkait pelayanan katering, dan chef serta juru masak dari Indonesia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif