Jogja
Senin, 15 Agustus 2016 - 16:55 WIB

GENTING SLEMAN : Sentra Industri Genting Segera Dikukuhkan

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Genting Sleman akan dikukuhkan

Harianjogja.com, SLEMAN- Tiga wilayah di Sleman akan dikukuhkan sebagai sentra industri kerajinan genting Sleman pada September mendatang. Pengukuhan tersebut dilakukan untuk menguatkan branding industri genting di sana.

Advertisement

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Sleman Pustopo mengatakan, ketiga sentra industri kerajinan genting yang akan dikukuhkan berada di Kecamatan Godean yang merupakan basis produksi genting terbesar.

Selain Godean, desa pemroduksi genting di Sayegan dan Minggir juga mendapat pengakuan yang serupa.

“Meski ada tiga wilayah sentra industri genting, tetapi kalau paguyuban perajinnya jadi satu wadah tidak apa-apa,” ujarnya, Sabtu (14/8/2016).

Advertisement

Dia menjelaskan, kualitas genting Godean sangat bagus dan sudah diakui masyarakat. Agar tidak kalah bersaing dengan genteng dari luar Sleman dan pemasarannya terus meningkat, katanya, maka perlu dilakukan penguatan secara kelembagaan. Bentuk kelembagaan bisa dengan koperasi.

“Selama ini, banyak perajin yang kekurangan modal sehingga terjebak meminjam modal dari rentenir. Jika mereka punya koperasi, akses modal gampang dan tidak perlu mumet memikirkan bunga rentenir,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif