News
Minggu, 14 Agustus 2016 - 14:38 WIB

Dirjen Imigrasi Kantongi Data Paspor Menteri ESDM Arcandra

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri ESDM Arcandra Tahar memberikan keterangan kepada media seusai mengikuti rapat koordinasi di Kantor Kemenko Maritim, Jakarta, Selasa (9/8/2016). Rakor itu membahas kelanjutan proyek Tanjung Benoa dan pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Batam, Bintan dan Karimun (BBK). (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Paspor Menteri ESDM Arcandra dipertanyakan setelah dikabarkan masuk Indonesia menggunakan paspor AS.

Solopos.com, DEPOK — Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Ronny F. Sompie menyatakan pihaknya telah mengantongi data terkait isu paspor Amerika Serikat (AS) yang diduga dimiliki Menteri ESDM Arcandra Tahar.

Advertisement

“Data itu sudah diperoleh. Artinya data perlintasan beliau saat keluar negeri, beliau kembali ke Indonesia menggunakan paspor, sudah kita dapatkan datanya,” ujarnya di sela kegiatan Independence Day Ride Bike 2016 dalam menyambut HUT RI di Depok, Jawa Barat, Minggu (14/8/2016).

Dia tidak memberi penjelasan saat ditanya benar tidaknya isu paspor AS yang dikantongi Arcandra. Ronny menyebut kewenangan menyampaikan informasi tersebut berada di Menteri Hukum dan HAM, Yasonna H Laoly.

“Tentu informasinya ini satu pintu, Bapak Menteri Hukum dan HAM. Sehingga saya belum bisa menjelaskannya secara detail. Ini bukan hanya tugas dan fungsi Ditjen Imigrasi, tapi juga tugas dan fungsi Direktorat AHU karena berkaitan dengan kewarganegaraaan,” ujarnya.

Advertisement

Dia menegaskan menegaskan penggunaan dua paspor bukan merupakan tindak pidana. Pemegang paspor baru dapat dipidana bila memberikan data palsu.

Menurutnya, hal itu hanya berkaitan administrasi catatan pembuatan paspor. Jika berkaitan dengan kewarganegaraan, sambungnya, tidak berkaitan perbuatan pidana kecuali masalah administrasi di mana WN Indonesia bisa memilih untuk menjadi warga negara lain.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif