News
Sabtu, 13 Agustus 2016 - 12:30 WIB

NASIB TKI : Begini Detik-Detik Penyelamatan TKW Tarsinah

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - TKW Tarsinah. (Istimewa/Buruhmigran.co.id)

TKW Tarsinah akhirnya dapat diselamatkan setelah menjadi korban penyiksaan di Irak.

Solopos.com, JAKARTA – Seorang tenaga kerja wanita (TKW) asal Indramayu, Jawa Barat, Tarsinah, 37, berhasil jadi korban penyiksaan majikan di Irak. Untungnya, Tarsinah bin Warcita berhasil diselamatkan KBRI Baghdad.

Advertisement

Pernyataan tersebut disampaikan pihak KBRI Baghdad dalam keterangan tertulis yang melansir Detik, Sabtu (13/8/2016) pagi. Tarsinah kini dalam perlindungan penuh KBRI Baghdad setelah melalui proses pembebasan yang panjang selama 4 minggu.

Proses pembebasan Tarsinah memakan waktu karena melibatkan Pemerintah Irak, yaitu Kementerian Luar Negeri, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Tenaga Kerja dan pihak kepolisian serta majikan dan agen.

KBRI Baghdad menjelaskan, setelah dicapai kesepakatan awal, pada Kamis, 11 Agustus 2016, tim KBRI dengan pengawalan ketat kepolisian Irak berupa 3 mobil dengan 17 personel bergerak menuju rumah majikan Tarsinah. Lokasinya berada di kawasan rawan keamanan di Baghdad sehingga harus dikawal.

Advertisement

Ketika di lokasi, tak mudah bagi pihak KBRI Baghdad untuk membawa Tarsinah. Butuh waktu lebih dari 2 jam sebelum akhirnya pihak KBRI Baghdad bisa meyakinkan semua pihak, khususnya majikan Tarsinah.

“Terkait dengan dugaan adanya kekerasan fisik yang dialami saudari Tarsinah, KBRI telah melaporkan hal tersebut kepada pemerintah Irak untuk diproses lebih lanjut,” tulis KBRI Baghdad.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif