Sport
Sabtu, 13 Agustus 2016 - 04:00 WIB

ISC B 2016 : Hadapi Persibangga, Persis Waspadi Serangan Balik

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pemain Persis Solo, Dedi Cahyono Putra (kiri), berselebrasi seusai berhasil mencetak gol ke gawang Persika Karawang saat berlaga pada pertandingan Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (31/7). Pertandingan tersebut berakhir dengan skor 3-0 untuk kemenangan Persis Solo. (JIBI/Solopos/Ivanovich Aldino)

ISC B 2016 akan menyajikan laga Persis vs Persibangga.

Solopos.com, SOLO — Persis Solo siap menghadapi Persibangga Purbalingga dalam lanjutan ajang Indonesia Soccer Championship (ISC) B 2016 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (14/8/2016) sore. Meski tampil di depan publik sendiri, Laskar Sambernyawa, julukan Persis, pantang terlalu percaya diri. Terlebih mereka baru saja meraih kemenangan telak kontra Persika Karawang, 3-0, akhir bulan lalu.

Advertisement

Salah satu yang mesti diwaspadai Persis adalah Persibangga yang kerap mengandalkan serangan balik. Skema ini diperlihatkan Laskar Braling Mania, julukan Persibangga, ketika Persis melawat ke Stadion Goentoer Darjono, Purbalingga, di awal turnamen bergulir. Saat itu Persis bermain imbang 0-0.

“Persibangga ini terbilang tim unik karena mereka punya libero. Mereka mengandalkan skema 3-5-2. Di samping itu, mereka memiliki pemain sayap yang memiliki kecepatan sehingga berpotensi merepotkan kami,” papar Pelatih Persis, Widyantoro, kepada wartawan, di Balai Persis, Jumat (12/8/2016).

Dalam delapan laga yang sudah dilakoni, baris pertahanan Persis masih belum maksimal. Strategi penyerangan yang diperagakan Agung Wowot dkk. beberapa kali jadi bumerang saat mendapat tekanan sporadis dari lawan. Bahkan, total tujuh gol yang bersarang ke gawang Persis berasal dari skema ini. Misalnya, gol penalti PSGC Ciamis di laga perdana dan gol kemenangan PSCS Cilacap di Stadion Manahan.

Advertisement

“Kami sadar banyak kekurangan. Maka dari itu, dalam latihan rutin terus kami benahi. Kami lakukan antisipasi. Selama ini transisi sayap dari menyerang ke bertahan tak maksimal,” tutur pelatih asal Magelang tersebut.

Di sisi lain, sebanyak 15 pemain dalam kondisi fit. Pos kiper utama dipercayakan kepada Aji Saka dengan back up M Ihsan Ramadhan. Sedangkan lini belakang akan diperkuat Akbar Riansyah di bek kanan, duet stopper Yudi Khoerudin dan Rohmat Sabani, plus bek kiri Qoiron Sandy. Di tengah mengandalkan Dedi Cahyono, sang kapten Bayu Andra, Agung Wowot, dan Catur Pamungkas yang diplot sebagai gelandang bertahan. Yanuar Ruspuspito dipasang menjadi ujung tombak yang akan dibantu gelandang serang, Agung Wowot maupun Dedi.

Sementara itu, Panitia pelaksana (Panpel) Persis Solo menyiapkan 20.000 lembar tiket untuk pertandingan melawan Persibangga Purbalingga, akhir pekan ini. Jumlah ini dengan rincian harga Rp20.000 untuk belakang gawang utara dan selatan, Rp25.000 untuk tribun timur, Rp40.000 untuk VIP, dan Rp50.000 untuk VVIP.

Advertisement

“Penundaan jadwal pertandingan dari Sabtu menjadi Minggu telah disampaikan ke operator kompetisi yakni, PT Gelora Trisula Semesta (GTS). Seharusnya Persis menjamu Persibangga pada Sabtu, tapi  Stadion Manahan tak dapat digunakan karena untuk pelaksanaan peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional [Hakteknas],” jelas Sekretaris Persis, Sapto Joko Purwadi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif