Sport
Sabtu, 13 Agustus 2016 - 01:00 WIB

BURSA TRANSFER : Stones Naikkan Tren Harga Bek Sentral

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - John Stones (kanan) bersama Vincent Kompany saat latihan. (Mancity.com)

Bursa transfer diwarnai dengan pembelian John Stones oleh Manchester City.

Solopos.com, MANCHESTER — Manchester City sangat beruntung bisa mendapatkan tanda tangan bek sentral John Stones dari Everton pada musim panas ini. Stones menjadi incaran banyak tim, terutama Chelsea sejak dibesut Jose Mourinho pada musim lalu. Namun, City bersama pelatih baru mereka, Josep “Pep” Guardiola, yang justru memenangi perebutan pemuda berusia 22 tahun tersebut.

Advertisement

City harus mengeluarkan uang sekitar 47 juta poundsterling (Rp798,6 miliar) untuk menggaet Stones. Ini menjadi urutan kedua harga transfer tertinggi untuk bek di dunia setelah David Luiz yang direkrut Paris Saint-Germain (PSG) dari Chelsea dengan banderol 50 juta poundsterling (Rp850 miliar) pada 2014.

Seperti dilansir Dailymail.co.uk, Jumat (12/8/2016), Barnsley, klub lama Stones sebelum ke Everton bahkan kecipratan bonus transfer itu. Mereka mendapat fee terbesar  dalam klausul penjualan kepada mantan tim yang  memiliki level di bawah Liga Premier.

Hal sama juga terjadi ketika Queens Park Rangers kecipratan bonus saat Liverpool menjual  Raheem Sterling ke Manchester City dengan banderol 49 juta poundsterling (Rp832 miliar) pada 2015. Di mana QPR, klub lama Sterling sebelum Liverpool, kebagian bonus klausul penjualan hingga 12,25 juta poundsterling (Rp208,2 miliar).

Advertisement

Manajer Arsenal, Arsene Wenger, yakin transfer Stones dari Everton ke City memengaruhi tren kenaikan banderol bek sentral. Saat ini, Wenger sedang mengupayakan mendatangkan ben tengah Valencia, Shkodran Mustafi, dengan harga 30 juta poundsterling (Rp509,8 miliar).

“Ya, kita tahu transfer di Inggris sangat tinggi karena ada uang masuk yang banyak. Ketika Anda keluar dari Inggris, ini terasa sangat tinggi karena Anda orang Inggris. Jadi Anda tidak begitu terkejut tentang transfer besar karena klub-klub tidak butuh uang di Inggris,” jelas Wenger, seperti dilansir Dailymail.co.uk, Jumat (12/8/2016).

Stones kemungkinan akan langsung melakoni debut bersama City pada laga perdana Liga Premier mereka melawan Sunderland di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu (13/8/2016) pukul 23.30 WIB. Sayang, pemain baru The Citizens lainnya, Leroy Sane, kemungkinan belum bisa turun sebagai starter karena persoalan hamstring.

Advertisement

Sane dibeli dari Schalke dengan harga 37 juta poundsterling (Rp629 miliar). Sebuah laporan menyebut, bintang Arsenal, Mesut Ozil, ternyata berperan atas keputusan Sane hijrah ke Manchester Biru. Sane dan Ozil memiliki hubungan dekat karena sama-sama membela Timnas Jerman. Keduanya juga akrab di luar lapangan.

“Secara natural, Liga Premier merupakan topik yang kami bahas beberapa kali. Saya bilang Leroy bahwa ini liga terbaik di dunia dan para pemain muda bisa berkembang baik di sana. Ini alasannya saya puas atas kepindahannya. Dia akan berkembang di bawah Pep Guardiola,” jelas Ozil, seperti dikutip Manchestereveningnews.co.uk.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif