Jogja
Sabtu, 13 Agustus 2016 - 06:20 WIB

BANDARA ADISUJITPTO : 2 Tempat Parkir Pesawat Ditambah, Tahun Depan Ditarget Beroperasi

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (pariwisatajogja.co.id)

Bandara Adisutjipto ditingkatkan kualitasnya.

Harianjogja.com, SLEMAN-PT Angkasa Pura 1 (Persero) menambah dua apron atau tempat parkir pesawat di Terminal B Bandara Adisutjipto. Penambahan ini dilatarbelakangi jumlah penumpang yang semakin bertambah karena minat masyarakat menggunakan pesawat terbang semakin tinggi.

Advertisement

General Manager PT Angkasa Pura 1, Agus Pandu Purnama mengatakan, tahun ini ditargetkan dua apron tersebut dibangun untuk menambah sembilan apron yang telah ada sebelumnya.

“Semoga pertengahan tahun depan sudah dapat dioperasikan,” kata dia, Jumat (12/8/2016).

Pandu mengatakan, antusias masyarakat melakukan perjalanan menggunakan pesawat semakin tinggi. Setelah Lebaran yang biasanya jumlah penumpang 18.000 per hari, saat ini jumlahnya selalu di atas 20.000-an penumpang per hari.

Advertisement

“Sekarang sampai 21.000 penumpang per hari lho,” lanjutnya.

Pandu mengatakan, target penumpang dari tahun ke tahun selalu meningkat. Pada tahun 2015, jumlah penumpang yang datang maupun pergi melalui Bandara Adisutjipto mencapai 6,4 juta. Tahun 2016 ini, ia menargetkan sebanyak penambahan penumpang menjadi 6,7 juta penumpang.

Harapannya, kata dia lagi, saat terminal baru di Kulonprogo New Yogyakarta  International Airport (NYIA) sudah selesai dibangun pada 2020, target penumpang mencapai 20 juta.

Advertisement

“Kalau di bandara baru, mau berapapun pesawat bisa masuk,” ujarnya.

Untuk itu ia meminta kerja sama masyarakat setempat (Kulonprogo) dalam menyukseskan pembangunan bandara tersebut. Menurutnya jika semakin banyak tuntutan yang muncul dari masyarakat, pembangunan mega proyek bandara baru ini akan semakin terhambat.

“Artinya kita harus selesaikan dulu tuntutan-tuntutan itu [sebelum mulai membangun NYIA],” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif