Jogja
Kamis, 11 Agustus 2016 - 23:20 WIB

PARPOL BANTUL : Audit 2015 Masih Berlangsung, Pencairan Dana Rp1 Miliar Terganjal

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (istimewa)

Parpol Bantul belum mengetahui kapan mendapatkan dana bantuan.

Harianjogja.com, BANTUL– Dana bantuan untuk Partai Politik (Parpol) di Kabupaten senilai Rp1 miliar terganjal pencairannya. Hingga memasuki Agustus, belum ada kepastian kapan dana akan dikucurkan ke Parpol.

Advertisement

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bantul Agustinus Sumasriyana mengatakan, tertahannya pencairan dana bantuan Parpol untuk alokasi 2016 itu disebabkan karena sampai saat ini, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) masih mengaudit dana bantuan Parpol untuk alokasi 2015.

Sesuai aturan kata Sumasriyana, anggaran tahun berjalan tidak boleh dicairkan sebelum hasil audit tahun sebelumnya keluar.

“Saya tidak berani melanggar aturan, itu sudah diatur dalam Undang-undang Parpol. Dana tidak bisa dicairkan sebelum ada hasil audit,” jelas Agustinus Sumasriyana, Kamis (11/8/2016).

Advertisement

Pada Juni lalu BPK melakukan pemeriksaan atau audit terhadap dana bantuan Parpol 2015. Audit tersebut untuk memastikan apakah penggunaan dana Parpol telah sesuai aturan perundang-undangan atau tidak. Perundang-undangan mengatur, sebanyak 70% dana Parpol digunakan untuk pendidikan politik ke konstituen, sedangkan 30% sisanya untuk membiayai kegiatan partai termasuk operasional organisasi.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif