News
Kamis, 11 Agustus 2016 - 18:10 WIB

INFO HAJI 2016 : Cuaca Panas di Saudi, Jemaah Diimbau Banyak Minum

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi jemaah haji Indonesia menggunakan masker (kemenag.go.id)

Info haji 2016 jemaah diimbau banyak minum.

Solopos.com, SOLO – Cuaca panas di Arab Saudi termasuk di Madinah, saat musim haji 2016 jadi perhatian para jemaah haji. Dengan suhu yang diperkirakan bisa mencapai 50 derajat celsius, jemaah disarankan untuk banyak mengkonsumsi air mineral.

Advertisement

“Jemaah harus sering minum dan sedapat mungkin hindari jalan-jalan di tengah terik matahari,” kata Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Madinah, dr Tjetjep Ali Akbar di Klinik Kesehatan Haji Indonesia (KKHI) Madinah, Rabu malam (10/08/2016).

Dia menjelaskan, selain banyak minum, jemaah juga diharapkan memakai kacamata dan payung, serta makan teratur. Selain itu, jemaah diimbau beristirahat cukup.

Sementara itu, salah satu dokter di KKHI, dr Eka F Elfi menambahkan, jemaah diharapkan banyak minum untuk menghindari dehidrasi. Lebih baik lagi, jika sering minum air zam zam.

Advertisement

“Di Medinah dan Mekah, kan banyak air zam zam, jadi sering minum saja,” kata Eka sebagaimana dilaporkan Kemenag.go.id, Kamis (11/8/2016).

Dia menjelaskan, ciri-ciri orang yang mengalami dehidrasi di antaranya adalah bibir kering, keringat berkurang, dan kerap mengantuk. Dehidrasi tak boleh dianggap enteng, karena bisa menyebabkan badan lemas hingga hilangnya kesadaran.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif