Jogja
Kamis, 11 Agustus 2016 - 20:20 WIB

HOTEL DI JOGJA : Perpanjangan Moratorium Tekan Perang Tarif

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Hotel di Jogja bisa menekan perang tarif dengan adanya moratorium pembangunan hotel

Harianjogja.com, SLEMAN-Rencana moratorium hotel sampai 2021 ditanggapi positif kalangan perhotelan. Moratorium ini diyakini akan menekan adanya perang tarif yang kerap terjadi antar hotel di Jogja.

Advertisement

General Manager (GM) GQ Hotel, Deppy Meylani saat dihubungi Harianjogja.com mengaku mendukung perpanjangan moratorium tersebut. Menurutnya moratorium sudah seharusnya dilakukan sejak dua tahun lalu saat hotel-hotel marak bermunculan di DIY.

“Bukan lebih tepat lagi [moratorium dilakukan] tapi seharusnya sudah sejak satu dua tahun lalu [moratorium dilakukan],” kata dia.

Ia mengatakan, saat hotel-hotel baru semakin bermunculan dan memicu tambahnya  jumlah kamar, yang terjadi adalah perang tarif. Hotel ada yang menurunkan tarifnya seperti hotel bintang di bawahnya. “Menjual dengan harga yang murah itu kan strategi yang buruk,” ujar dia.

Advertisement

Pemerintah, kata Deppy, seharusnya melihat Infrastruktur Jogja sebelum memberikan izin pembangunan hotel. Jangan sampai jumlah kamar meningkat tetapi para tamu menghabiskan waktu di jalan karena jalanan macet.

Begitu juga dengan daya tampung bandara yang harus dipertimbangkan. Jangan sampai bandara tak mampu menampung wisatawan yang datang ke Jogja karena jumlah wisatawannya meningkat.

Deppy mengatakan, seiring tumbuhnya hotel baru di Jogja, GQ Hotel belum terlalu merasakan dampak penurunan okupansi karena menurutnya masing-masing hotel sudah memiliki pasar tersendiri.

Advertisement

Namun dalam jangka panjangnya nanti, jika tidak segera dilakukan moratorium dan hotel semakin bermunculan, okupansi hotel belum tentu memenuhi target. “Saat ini kami rata-rata masih 60 persen,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif