Jogja
Selasa, 9 Agustus 2016 - 02:20 WIB

PILKADA JOGJA : Kiai NU Kota Jogja Dukung Imam Priyono

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Walikota Jogja, Imam Priyono (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Pilkada Jogja Imam Priyono mendapat dukungan dari PKB

Harianjogja.com, JOGJA-Dewan Pimpinan Cabang Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Jogja berpeluang mendukung Bakal Calon Walikota Jogja Imam Priyono dalam pemilihan walikota dan dan wakil walikota (pilwalkot) Jogja 2017 mendatang, karena Bakal calon petahana itu dianggap yang paling sering berkomunikasi dengan para kiai Nahdlatul Ulama (NU) Kota Jogja.

Advertisement

“Selama ini ada kecenderungan ulama-ulama NU mendukung Imam Priyono, kami sebagai anak yang lahir dari NU ikut saja apa kata ulama-ulama NU,” kata Sekretaris Tanfidz DPC PKB Kota Jogja, Andreas Sriijabat saat dihubungi, Minggu (7/8/2016).

Andreas mengatakan dari sejumlah nama bakal calon walikota dan wakil walikota yang mulai mencuat, Imam Priyono yang rutin sowan ke pengurus Pimpinan Cabang NU (PCNU) dan ulama NU di Kota Jogja, bahkan beberapa kali sudah menggelar pertemuan.

Namun PKB sebagai partai yang lahir dari NU, kata Andreas, secara kelembagaan baru pertama kali bertemu secara resmi antara pengurus DPC PKB dan DPC Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan. Pertemuan antarpartai berhaluan nasionalis dan agamis itu digelar pada Jumat (5/8/2016) di sebuah resto.

Advertisement

Pertemuan itu diakui Andreas membahas soal ajakan PDI Perjuangan dalam memenangkan Imam Priyono. Pertemuan tersebut akan segera ditindaklanjuti dengan mengumpulkan semua pengurus PKB tingkat kecamatan atau PAC, “Untuk mengkonkritkan dukungan ini,” ujar Andreas.

Andreas meyakini Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB DIY mendukung langkah DPC PKB Kota Jogja karena selama ini DPW juga sering berkomunikasi bahkan mendukung kebijakan-kebijakan yang diambil PCNU. Sekretaris DPW PKB DIY, Umaruddin Masdar, dalam beberapa kesempatan kerap menyatakan dalam pilwalkot Jogja pihaknya akan mendukung bakal calon yang sesuai dengan keinginan para kiai NU, “Kami ikut apa kata warga NU,” ucap Umaruddin.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu DPC PDI Perjuangan, Antonius Fokki Ardianto mengakui sudah bertemu dengan DPC PKB Kota Jogja pada 5 Agustus lalu. Yang hadir adalah Ketua DPC PDI Perjuangan Danang Rudiatmoko, Sekretaris Sutaryo, dan Bendahara Suryani (Isteri Imam Priyono).

Advertisement

Sementara dari PKB, ada Ketua DPC PKB Kota Jogja Ahmad Riyanto, Dewan Syuro Halim, dan Komandan Satgas PKB Prapto. Fokki menyatakan pertemuan itu disepakati bahwa PKB akan membantu memperjuangkan pemenangan Imam Priyono dalam pilwali.

Fokki mengatakan meski PKB tidak memiliki perwakilan di DPRD Kota Jogja, namun dalam pemilihan legislatif, beberapa waktu lalu perolehan suara PKB mencapai sekitar 3.500an suara, dan potensi suara warga NU Kota Jogja lebih dari delapan ribu suara.

“Kami yakin PKB akan berkontribusi besar dlm memenangkan Pilkada Jogja 2017.” kata Fokki.

Fokki menambahkan dalam pertemuan itu, PKB Kota Jogja berharap agar Imam Priyono nantinya tidak hanya memperjuangkan aspirasi warga NU, namun juga tetap merawat dan memperjuangkan toleransi beragama di Kota Jogja.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif