Jogja
Selasa, 9 Agustus 2016 - 22:55 WIB

PENIPUAN SLEMAN : Ada Lagi Nasabah BPR yang Tergiur Pelunasan Utang

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Direktur Utama PT BPR Arta Yogyakarta (AYO) Deden Eko Handoyo menunjukkan surat dari lembaga yang mengatasnamakan PT Swissindo World Trust International Orbit ketika ditemui di Kantor Pusat PT BPR Arta Yogyakarta, Jl Magelang Km 15, Sleman, Selasa (9/8/2016). (Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja)

Penipuan Sleman berupa janji pelunasan utang kembali terjadi.

Harianjogja.com, SLEMAN — Modus janji pelunasan utang kepada nasabah Bank Perkreditan Rakyat (BPR) kembali terjadi di DIY. Kali ini, korbannya adalah nasabah PT BPR Arta Yogyakarta (AYO).

Advertisement

(Baca Juga : PENGEMPLANGAN KREDIT : Jangan Tergiur Rayuan Pelunasan Kredit)

Direktur Utama PT BPR Arta Yogyakarta Deden Eko Handoyo mengatakan menerima surat dari lembaga yang mengatasnamakan PT Swissindo World Trust International Orbit, Senin (8/8/2016) sore. Surat tersebut tertanggal 4 Agustus 2016.

“Kami dapat surat yang intinya mereka akan melunasi utang nasabah saya dan meminta kami tidak lagi melakukan penagihan,” ujar dia kepada Harianjogja.com ketika ditemui di Kantor Pusat PT BPR Arta Yogyakarta, Jl Magelang Km 15, Sleman, Selasa (9/8/2016).

Advertisement

Ia menyayangkan adanya oknum yang memanfaatkan kesulitan nasabahnya untuk mencari keuntungan. Ada satu nasabah yang menjadi korban dari lembaga ini. Para korban harus membayar sejumlah nominal kepada lembaga yang mengaku berpusat di Cirebon itu. Ada yang membayar Rp200.000 dan Rp300.000.

“Kasihan nasabah karena tergiur iming-iming itu. Kalau mereka tidak melunasi utang, maka menjadi catatan buruk di sistem perbankan dan mereka akan kesulitan jika ingin mengakses kredit di masa depan,” kata dia.

BPR Arta Yogyakarta bertindak cepat dengan mengirimkan salinan surat ke Otoritas Jasa Keuangan (OJK) DIY. Mereka juga melakukan pendekatan dan edukasi kepada nasabah-nasabah agar tidak tergiur hal serupa.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif