Jogja
Senin, 8 Agustus 2016 - 23:55 WIB

DISTRIBUSI BBM : Takaran BBM di SPBU Belum Akurat 100%, Lalu?

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Petugas dari Satreskrim Polres Gunungkidul dan Balai Metrologi DIY saat melakukan tera ulang di salah satu SPBU di Gunungkidul. Senin (8/8/2016).(David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Distribusi BBM, terkhusus takaran yang dipergunakan ditera ulang.

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Jajaran Polres Gunungkidul bekerjasama dengan Balai Metrologi DIY melakukan tera ulang terhadap takaran Bahan Bakar Minyak (BBM) di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU). Hasilnya tim menemukan takaran pengisian yang belum pas.

Advertisement

Penera Balai Metrologi DIY Agus Suroto mengatakan tera ulang dilakukan untuk mengecek adanya potensi kecurangan oleh pengelola SPBU dalam takaran BBM. Pengecekan dilakukan di seluruh stasiun pengisian dengan acak. Dari penimbangan ulang ini ditemukan sejumlah SPBU yang tidak memberikan takaran dengan pas.

Kendati demikian, Agus menilai jumlah tersebut masih dalam tahap toleransi, karena kekurangan penakaran tidak lebih dari 0,5% atau 100 mililiter di setiap liternya.

“Yang kami temukan di lapangan, kekurangannya 0,2% sehingga itu belum jadi masalah. Namun kami berharap agar takaran tetap diperbaiki sehingga BBM yang dituangkan bisa pas sesuai antara pembelian dengan takaran,” katanya kepada Agus kepada wartawan, di sela-sela kegiatan tera ulang, Senin (8/8/2016).

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif