Soloraya
Senin, 8 Agustus 2016 - 07:30 WIB

BURSA SEKDA SOLO : Hari Ini Hasil Seleksi Administrasi Diumumkan

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengambilan sumpah dan janji pejabat pegawai negeri sipil. (JIBI/Solopos/Dok.)

Bursa Sekda Solo, Pansel baru mengumumkan hasil seleksi administrasi terhadap 7 calon sekda yang telah mendaftar.

Solopos.com, SOLO–Panitia Seleksi (Pansel) menggelar forum seleksi administrasi calon Sekretaris Daerah (Sekda) Solo di Rumah Makan Ramayana, Banjarsari, Solo, Sabtu (6/8/2016). Meski telah mengantongi daftar nama pendaftar yang berhasil lolos seleksi administrasi, mereka baru akan mengumumkan informasi itu kepada publik pada Senin (8/8/2016) pukul 13.00 WIB.

Advertisement

Saat ditemui wartawan setelah forum seleksi administrasi calon Sekda Solo, Sabtu Sore, Ketua Pansel, Anwar Hamdani, enggan membeberkan daftar nama pejabat eselon II di Pemerintah Kota (Pemkot) Solo yang berhasil lolos seleksi administrasi tersebut. Dia berkukuh akan mengumumkan hasil seleksi administrasi pada Senin mendatang. Hal itu, menurut Anwar, sudah menjadi kesepakatan antaranggota Pansel.

“Alhamdulillah Pansel rapat dengan formasi lengkap, terdiri atas lima orang dari luar lingkungan Pemkot. Tiga orang akademisi, satu tokoh masyarakat dan satu dari perwakilan Pemprov Jateng. Kami sampaikan, lowongan jabatan sekda sudah ada tujuh orang peminat atau pendaftar. Hari ini [kemarin] kami menggelar seleksi administrasi. Namun, sesuai jadwal, nama pendaftar yang lolos seleksi administrasi baru akan kami umumkan Senin,” kata Anwar.

Anwar menjelaskan pengumuman hasil seleksi administrasi calon Sekda bisa dilihat nanti di website www.surakarta.go.id atau langsung di sekretariat Pansel. Setelah pengumuman, Pansel akan langsung mengumpulkan para pejabat yang berhasil lolos seleksi administrasi tersebut untuk mengikuti sosialisasi pada Selasa (9/8/2016) pukul 15.00 WIB. Dia menjelaskan Pansel akan menjelaskan soal pelaksanaan tahapan-tahapan yang mesti dilalui para calon Sekda tersebut.

Advertisement

“Semua pendaftar berpeluang sama besar untuk menjadi Sekda. Kami tidak mau mengatakan si A baik atau si B buruk. Biarkan semua mengikuti proses seleksi sebagaimana mestinya. Yang jelas Pansel akan melakukan seleksi secara betul. Hanya yang memenuhi syarat yang dinyatakan lolos,” papar Anwar.

Anwar menerangkan setelah dinyatakan lolos seleksi administrasi dan mengikuti sosialisasi, bakal calon Sekda Solo akan mengikuti uji gagasan atau presentasi makalah pada Senin (15/8/2016) mendatang. Agar memenuhi unsur keadilan, Pansel bahkan tidak menentukan secara sepihak urutan nama peserta yang akan maju dalam presentasi makalah. Menurut dia, Pansel akan melakukan pengundian.

“Dalam rangka menjaga keadilan kami tidak menentukan si A yang maju pertama atau kedua, tapi melalui undian. Yang ambil undian pertama adalah peserta yang pertama kali mendaftarkan diri dan seterusnya. Dalam uji gagasan, masing-masing peserta diberi waktu 1,5 jam untuk presentasi. Mereka ditanyakan beberapa hal, seperti visi-misi kalau jadi Sekda, strategi yang akan dilaksanakan, apa yang disiapkan, dan lain sebagainya,” sebut Anwar.

Advertisement

Anggota Sekretariat Pansel, Dwi Ariyatno, menegaskan calon yang dinyatakan lolos seleksi administrasi Sekda baru akan diumumkan pada Senin (8/8/2016) siang. Setelah itu mereka akan melakukan uji gagasan. Apabila dinyatakan lolos, para calon Sekda masih akan mengikuti tes, yakni tahap uji kompetensi. Uji kompentensi difokuskan pada penilaian manajerial dan penguasaan bidang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif