Lifestyle
Senin, 8 Agustus 2016 - 16:28 WIB

3 Tempat Wisata Edukasi Di Bogor yang BisaAnda Kunjungi Bersama Buah Hati

Redaksi Solopos.com  /  Yeyen Pamula  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sumber : lovelybogor.com

Beberapa tempat bersejarah dapat menjadi destinasi wisata untuk menghabiskan liburan bersama keluarga. Selain memberikan nilai-nilai sejarah, tempat bersejarah ini juga menyimpan nilai edukasi yang sangat baik untuk perkembangan pengetahuan anak. Bogor memiliki beberapa tempat wisata bersejarah yang mengandung nilai edukasi cukup tinggi untuk anak. Anda dapat mengunjungi tempat wisata ini untuk mengenang sekaligus mengetahui sejarah sambil menghabiskan waktu liburan. Berikut ini 3 rekomendasi tempat wisata bersejarah di Bogor:

1. Museum Etnobotani

Advertisement

Sumber : lovelybogor.com

Keberadaan Museum Etnobotani di Bogor masih sangat jarang didengar. Namun jangan salah karena museum yang satu ini tidak kalah unik dengan museum lain yang pernah Anda kunjungi. Jangan membayangkan museum hanya berisi prasasti atau arca, karena di Museum Etnobotani Anda justru akan mendapati sebaliknya. Di dalam Museum Etnobotani Anda akan menemui berbagai hal tidak terduga yang belum pernah terbayang sebelumnya.

Advertisement

Keberadaan Museum Etnobotani di Bogor masih sangat jarang didengar. Namun jangan salah karena museum yang satu ini tidak kalah unik dengan museum lain yang pernah Anda kunjungi. Jangan membayangkan museum hanya berisi prasasti atau arca, karena di Museum Etnobotani Anda justru akan mendapati sebaliknya. Di dalam Museum Etnobotani Anda akan menemui berbagai hal tidak terduga yang belum pernah terbayang sebelumnya.

Saat berada di Museum Etnobotani, Anda akan menemukan 2 jenis diorama. Satu diorama pertama menggambarkan jenis tumbuhan yang mampu menghasilkan barang untuk menunjang kehidupan. Sementara diorama kedua berisi bagaimana suku-suku di Indonesia memanfaatkan barang tersebut. Beberapa barang akan sulit dibayangkan fungsinya, namun disitulah letak menariknya. Anda dituntut untuk berimajinasi bagaimana barang tersebut dimanfaatkan. Pengalaman ini sangat sayang untuk dilewatkan karena tidak akan dapat ditemui di manapun selain di Museum Etnobotani.

2. Museum Pembela Tanah Air (PETA)

Advertisement

Sesuai dengan namanya, museum yang satu ini berdiri dalam rangka memberikan apresiasi tertinggi untuk perjuangan PETA yang dipimpin oleh Jenderal Sudirman. Letak museum ini berada di Jalan Jenderal Sudirman. Sesampainya di museum ini, Anda akan langsung disambut patung besar Jenderal Sudirman dan Sudancho Supriadi dengan kendaraan tank yang semakin menunjukkan kharismanya. Selain cocok untuk liburan keluarga, Anda juga dapat mengunjungi museum ini untuk melihat langsung bagaimana perjuangan PETA dilakukan.

Pada dinding museum sengaja dibuat relief yang menggambarkan kegiatan para tokoh PETA. Di dalam museum Anda akan mendapati diorama para tokoh-tokoh BKR seperti Soedirman, Ahmad Yani, Soeharto hingga Holan Iskandar yang berkumpul untuk mengatur strategi melawan Belanda. Ada juga diorama pemimpin BKR Malang yang sedang melakukan mobilisasi kedirgantaraan. Lebih lanjut Anda juga akan melihat diorama peristiwa Rengasdengklok. Sehingga ada Bung Karno dan banyak tokoh-tokoh muda lainnya yang ada saat pembacaan teks Proklamasi dibuat.

3. Prasasti Batu Tulis

Advertisement

Sumber : www.disparbud.jabarprov.go.id

Kota Bogor tidak bisa dilepaskan dari keberadaan Prasasti Batutulis. Hal ini karena prasasti yang satu ini erat kaitannya dengan bukti keberadaan Kerajaan Pakuan Pajajaran. Prasasti ini sengaja dijaga dalam sebuah ruangan yang berukuran 17mx15m. Letak bangunan tepat berada di Jalan Batu Tulis Bogor. Anda bisa menikmati bukti keberadaan kerajaan Pakuan Pajajaran ini sembari menjelajahi berbagai keindahan di sudut Kota Bogor. Dengan melihat prasasti Batu Tulis ini, Anda tidak hanya dipuaskan dengan nilai-nilai budaya tapi juga sejarah.

Prasasti Batu Tulis terdiri dari 4 buah batu. Batu pertama atau Batu Utama lebih dikenal sebagai Prasasti Batu Tulis. Pada batu utama terdapat 9 baris tulisan dalam bahasa Sunda yang sangat kuno. Batu kedua disebut sebagai Batu Lingga simbol kejantanan pria yang menjadi indikasi makam Raja Siliwangi. Batu Ketiga menempel pada batu utama yang dianggap mirip seperti orang berlutut. Sementara batu keempat memiliki bentuk mirip senderan. Keempatnya memiliki nilai unik tersendiri. Anda bisa menikmati keunikan Parasati Batu Tulis hanya di Batu Tulis Bogor.

Advertisement

Akomodasi murah di Bogor

Selama liburan di Bogor, menyiapkan tempat menginap adalah hal yang sangat penting. Hotel AiryRooms adalah pilihan tepat untuk hotel murah yang bisa memberikan kenyamanan yang Anda butuhkan setelah menghabiskan waktu jalan-jalan menyusuri Kota Bogor.

Airy Rooms Bogor

Selain nyaman, AiryRooms memiliki fasilitas cukup lengkap seperti wifi, tempat tidur, air hangat, AC, hingga peralatan mandi. Lebih dari itu Hotel AiryRooms juga menjamin proses reservasi yang mudah dengan harga yang terjangkau. Anda dapat melakukan reservasi sekarang melalui website www.airyrooms.com ataupun melalui aplikasi Android Airy Roomsuntuk mendapatkan hotel murah di Bogor yang nyaman selama liburan di sana.

Advertisement
Kata Kunci : Advertorial Airy Rooms Airy Rooms Bogor Wisata Bogor
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif