Lifestyle
Senin, 8 Agustus 2016 - 16:43 WIB

3 Tempat Wisata Bersejarah di Kota Jogjakarta

Redaksi Solopos.com  /  Yeyen Pamula  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sumber : topwisata.com

Kota Jogjakarta, seakan tidak pernah bosan membahas dan menceritakan salah satu kota yang bersejarah ini. Selain itu kota Jogja sangat terkenal dengan kekayaan budaya serta kulinernya, banyak mungkin diantara Anda yang sering berkunjung bahkan hijrah untuk melanjutkan ke jenjang akademi di kota ini. Karena memang kota ini dikenal juga dengan istilah kota pelajar, sehingga banyak yang ingin mencari ilmu di kota Jogjakarta.

Dengan keramahan dan ketentraman situasi kotanya, sehingga banyak yang merasa nyaman untuk berkunjung baik dari dalam maupun dari mancanegara. Lokasi wisata pantai dan tempat bersejarah seperti museum, sering dikunjungi bahkan sudah bisa masuk dalam agenda kunjungan wisata di semua agen biro wisatanya. Karena situasi seperti inilah, pemerintah setempat selalu melakukan perawatan dan pembenahan secara menyeluruh agar para pengunjung wisata tetap nyaman dan selalu merasa aman. Berikut adalah 3 tempat wisata museum bersejarah di Jogjakarta :

Advertisement

1. De Arca Statue Museum

Sumber : topwisata.com

Advertisement

Sumber : topwisata.com

Wajar sekali apabila Anda berkunjung ke kota Jogja, selalu ingin menjelajahi hingga pelosoknya. Karena memang tempat-tempat wisata kunjungan tidak pernah ada habisnya, seperti satu tempat bersejarah ini De Arca Statue Museum. Petualangan Anda akan bertambah seru ketika masuk ke tempat ini. Lokasi museum ini berada di pasar Seni XT-square, di tempat ini terdapat patung yang pertama dibuat dan paling besar yang ada di Indonesia ini. Museum ini dijadikan sebagai rumah koleksi patung lilin yang berbentuk para tokoh penting, yang dibuat seperti sangat mirip dengan aslinya. Hanya memang karena disesuaikan dengan faktor kondisi cuaca kota Jogja, jadi patung-patung sekarang dibuatnya dari bahan resin.

2. Museum Gunung Api Merapi

Advertisement

Sumber : www.babatpost.com

Museum Gunung Merapi ini memang sengaja diadakan untuk merasakan suasana kejadian pada saat meletusnya gunung yang terbesar ini. Suhu yang sangat sejuk akan menyambut kedatangan Anda, saat melangkah dari mulai parkiran hingga menuju lokasi pelataran museum. Apabila cuaca sedang cerah, titik puncak merapi yang sangat kokoh dan banyaknya rimbunan pepohonan akan nampak selayaknya lukisan alam yang sangat indah persis berada di belakang museumnya. Apabila Anda menaiki anak tangga yang di pelatarannya akan terasa seperti pada saat berada di pintu gerbang yang paling utama di komplek candi Ratu Boko.

Konsep di Museum Gunung Merapi ini sangat melekat akan unsur filosofi kultur jawa. Di posisi pintu utama Anda akan disuguhkan oleh maket Gunung merapi yang ukurannya sangat besar secara terus menerus akan banyak mengeluarkan asap serta memuntahkan magma. Selain itu bunyi gemuruh yang sangat riuh menggelegar seakan bunyi tersebut merupakan kisah nyatanya. Jika Anda menekan tombol  yang disamping maket akan menampilkan cuplikan kronologis meletusnya gunung merapi tempo dulu.

Advertisement

3. Museum sandi

 

Sumber : www.babatpost.com

Advertisement

Sejarah Museum Sandi Jogjakarta ini berawal dari ide Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono ke X yang menginginkan adanya tempat penyimpanan koleksi sandi-sandi di museum perjuangan sejarah kota Jogjakarta. Disana akan menampilkan seluruh koleksi sandi yang sangat bernilai sejarahnya, sebagai tambahan pengetahuan serta wawasan pengunjung mengenai dunia sandi-sandi. Museum Sandi ini dibuat sebagai sarana di bidang sosialisasi untuk masyarakat umum, jadi jika Anda kesini akan semakin lengkap mengetahui seluruh sejarah Jogjakarta.

Tertarik untuk ke museum-museum di Jogjakarta?

Jika Anda tertarik untuk berwisata ke kota Jogjakarta, sebaiknya Anda menginap di hotel AiryRooms karena sudah menyediakan banyak hotel murah di Jogja dan di hotel ini sangat mengutamakan kenyamanan untuk semua para pengunjungnya. Dengan harga murah, disini Anda akan ditawarkan kamar-kamar berkualitas tanpa ada pungutan biaya untuk transaksi yang lainnya.

 

Airy Rooms Jogja

 

Dengan 7 (tujuh) fasilitas menarik dari Airy Rooms yang akan Anda dapatkandi setiap kamar, sebut saja;

  1. Ruang ber-AC (air condition),
  2. TV layar datar,
  3. Perlengkapan mandi,
  4. Tempat tidur bersih,
  5. Shower air hangat,
  6. Air minum gratis, dan
  7. WiFi gratis.

Apabila Anda akan memesan kamar di Airy Rooms, Anda bisa melakukannya secara online melalui telepon, website (www.airyrooms.com), Whatsapp, maupun di Android Apps. Hotel AiryRooms akan selalu siap melayani secara full 24 jam untuk Anda.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif