Jogja
Minggu, 7 Agustus 2016 - 09:20 WIB

KEBAKARAN GUNUNGKIDUL : Dua Toko Ludes Dilahap Api, Kerugian Mencapai Ratusan Juta

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Solopos/Antara)

Kebakaran Gunungkidil terjadi di dua toko

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Dua toko di Selatan kompleks Pasar Argosari, Wonosari ludes dilalap api pada Jumat (5/8/2016) sekitar pukul 23.30 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

Advertisement

Kios yang terbakar meliputi toko pecah belah milik Ucak,57, warga Dusun Ringinsari, Wonosari dan toko bahan roti milik Darban Arif yang juga warga Ringinsari. Tidak ada yang tahu persis terjadinya kebakaran, karena peristiwa ini diketahui oleh Nawiyo, warga Tawarsari, Wonosari yang kebetulan melintas di lokasi.

Saat itu, ia melihat kepulan asap yang keluar dari toko pecah belah milik Uncak. Merasa panik dengan kebakaran itu, Nawiyo pun berteriak dan spontan memukul-mukul tiang listrik untuk meminta bantuan. Warga pun berbondong-bondong ke lokasi kejadian dan melaporkan peristiwa ini ke petugas pemadam kebakaran.

Tak berselang lama, tiga unit mobil pemadam kebakaran mendatangi lokasi untuk memadamkan api. Namun dikarenakan di dalam toko itu terdapat barang yang mudah terbakar, api sulit dijinakkan dan malah merembet ke toko bahan roti yang ada di sebelahnya.

Advertisement

Selain dibantu warga, upaya pemadaman juga memanfaatkan fasilitas hidran di Pasar Argosari. Berkat kerja keras dari belasan petugas ini, akhirnya sekitar pukul 01.00 dinihari api dapat dipadamkan dan tidak merembet ke lokasi lain. “Meski agak terlambat, kami bersyukur api tetap bisa dipadamkan sehingga kebakarannya tidak meluas,” kata Kepala UPT Pemadam Kebakaran Gunungkidul Diyono.

Menurut dia, api cepat membesar karena kondisi di dalam kios dalam keadaan kosong sehingga tidak ada orang yang tahu mengenai kejadian tersebut. Akibatnya kebakaran baru terlihat sesaat setelah kobaran api membesar sehingga mempersulit upaya pemadaman. Dia pun memperkirakan kerugian dari kebakaran itu mencapai Rp350 juta. “Ini taksiran dari dua toko yang terbakar,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif