Jogja
Sabtu, 6 Agustus 2016 - 09:20 WIB

KAMPUS JOGJA : Wow, PTS dan PTS di DIY Meraih Peringkat Pertama Versi Webometrics

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gedung Pusat UGM Yogyakarta (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Kampus Jogja meraih prestasi.

Harianjogja.com, JOGJA — Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meraih peringkat pertama dalam pemeringkatan Webometrics Juli 2016. Untuk PTN, prestasi tersebut diraih oleh Universitas Gadjah Mada (UGM), sedangkan prestasi PTS dimiliki oleh Universitas Ahmad Dahlan (UAD).

Advertisement

Direktur Direktorat Sistem dan Sumber Daya Informasi (DSSDI) UGM Widyawan pada Jumat (5/8/2016) mengatakan di bawah ranking UGM, menyusul
kemudian Universitas Indonesia di peringkat kedua dan Institut Teknologi Bandung di peringkat ketiga. Sementara itu di tingkat dunia, UGM menempati posisi ke-724.

Ia menerangkan peringkat ini menunjukkan pengakuan kinerja UGM dalam menghadirkan konten digital yang bermutu di dunia maya, sekaligus menjadi bentuk penghargaan bagi para penggiat teknologi informasi di UGM. Pemeringkatan ini bisa dijadikan sebagai benchmark terhadap institusi lain dan menjadi pendorong untuk perbaikan di waktu mendatang, terutama untuk meningkatkan kualitas di tingkat dunia sesuai dengan amanat dalam Rencana Strategis Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) 2015-2019.

Untuk terus meningkatkan reputasi internasional, UGM menjalankan beberapa program yang terbagi dalam kategori academic internationalization, database integration, dan brand equity. Pada tahun 2015, UGM telah membentuk tim khusus untuk menangani pemeringkatan dan telah melakukan berbagai program. Salah satunya, perpustakaan UGM yang telah menyediakan sumber pembelajaran beerupa digital library, baik berupa jurnal online yang dilanggan, maupun karya ilmiah mahasiswa dan dosen yang bisa diakses umum.

Advertisement

“Untuk peringkat dunia, target kita mencapai 500 besar dunia,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kampus Jogja Uad UGM
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif