Soloraya
Sabtu, 6 Agustus 2016 - 10:46 WIB

AQUA Klaten Raih Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) ke-5 oleh Kementerian ESDM

Redaksi Solopos.com  /  Yeyen Pamula  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (www.aqua.com)

AQUA Klaten Raih Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) ke-5 oleh Kementerian ESDM

 Solopos.com – Jakarta, Sebagai apresiasi kepada intitusi pemerintahan dan industri atas inisiatif efisiensi energi dan konservasi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia menyelenggarakan  Penghargaan Efisiensi Energi Nasional (PEEN) ke-5 Tahun 2016. Penghargaan ini  diserahkan oleh Kementerian ESDM kepada AQUA Grup untuk Pabrik AQUA Klaten atas implementasi efisiensi energi dan konservasi  di lingkungan pabrik tersebut. Para pemenang penghargaan ini akan mewakili Indonesia dalam ajang ASEAN Energy Award 2016.

Advertisement

Sebagai warga korporasi AQUA Grup khususnya AQUA KLaten  berkomitmen untuk menjaga keseimbangan antara bisnis dengan kelestarian lingkungan dan kemajuan masyarakat. Berbagai inisiatif efisiensi energi dan konservasi lingkungan telah dilakukan di 18 pabrik yang beroperasi. Kali ini, pabrik AQUA Klaten yang  beroperasi sejak tahun 2002 merupakan pabrik yang terpilih untuk diaudit program efisiensi energi dan sumber daya yang dikelolanya. Inovasi dan teknologi yang diterapkan melalui program tersebut meliputi; program penghematan listrik, penghematan BBM Solar dengan cara mengganti forklift diesel ke forklift elektrik, penghematan sumber daya air, pengelolaan emisi gas rumah kaca, pengelolaan emisi gas pencemar konvensional. Manager Produksi Satoto Mulyo, menyampaikan bahwa Efisiensi Energi selama tahun 2015 mampu mencatat nilai 9,1 Miliar Rupiah, dengan penghematan penggunaan listrik sebesar 8,5 juta KWH dan penurunan 8.036 Ton CO2.

Pabrik AQUA Klaten setiap harinya  memproduksi Aqua 330 ml, Aqua  galon, Aqua 600 ml, Aqua 240 ml, Aqua 1500 ml dan Mizone. Pabrik ini telah mendapatkan sertifikasi ISO 9001, ISO 14001, ISO 22000, Foodsafety, Good Manufacture Product, SNI, dan Sertifikat Jaminan Halal.  Sedangkan untuk sertifikat manajemen keselamatan dan kesehatan kerja PT. Tirta Investama Klaten menerapkan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja dari grup Danone.

Kinerja pengelolaan lingkungan oleh PT Tirta Investama Klaten secara keseluruhan telah terbukti dengan meraih penghargaan PROPER BIRU dari Kementrian Lingkungan Hidup untuk dua kali periode penilaian berturut-turut tahun 2014-2015, dan kategori “TAAT” pada Audit Properda Jateng di tahun 2013.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif