Jateng
Jumat, 5 Agustus 2016 - 13:50 WIB

INFO HAJI 2016 : PNS Tempati Peringkat Kedua Calhaj Kota Semarang

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi jemaah haji Indonesia (JIBI/Solopos/Dok.)

Info haji 2016 dari Kantor Kemenag Semarang mengungkapkan banyaknya calon haji (calhaj) dari kalangan pegawai negeri sipil (PNS).

Semarangpos.com, SEMARANG Pegawai Negeri Sipil (PNS) menempati urutan kedua dalam daftar calon haji (calhaj) yang akan diberangkatkan ke Tanah Suci dari Kota Semarang pada musim haji 2016 ini.

Advertisement

Informasi yang diperoleh Semarangpos.com dari Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Semarang, menyebutkan dari 1.433 calhaj yang akan diberangkatkan dari Islamic Center Semarang, Jl. Abdul Rahman Saleh No. 285, Kota Semarang, ke Asrama Haji Donohudan, Boyolali, mulai 25 Agustus nanti, 415 di antara mereka merupakan calhaj dari kalangan PNS.

“Calhaj terbanyak berasal dari kalangan pekerja swasta, yakni 450 orang. Sedangkan, urutan kedua dari PNS, yakni 415 orang,” ungkap Kepala Seksi (Kasi) Penanganan Haji dan Umroh Kantor Kemenag Kota Semarang, Ahmad Samsudin, saat dijumpai Semarangpos.com di ruang kerjanya, Kamis (4/8/2016).

Sementara itu, urutan ketiga jumlah calhaj dari Kota Semarang ditempati jemaah yang berasal dari kalangan pedagang, yakni 74 orang. Disusul kalangan pegawai BUMN maupun BUMD, yakni 69 orang.

Advertisement

“Untuk calhaj dari kalangan petani dan nelayan jumlahnya tahun ini juga cukup banyak, yakni 55 orang. Sementara dari calhaj yang berstatus pensiunan pegawai negeri maupun swasta jumlahnya ada 67 orang. Sedangkan, yang dari kalangan TNI-Polri jumlahnya ada 24 orang dan dari kalangan pelajar atau mahasiswa juga ada, yakni 19 orang,” imbuh Ahmad Samsudin.

Ahmad menambahkan banyaknya calhaj dari kalangan PNS itu menandakan pegawai negeri di lingkungan pemerintah Kota Semarang, Kudus dan Jepara, cukup taat dalam menjalankan perintah agama, yakni Rukun Islam yang kelima.

“Kebanyakan yang berangkat ke Tanah Suci tahun ini merupakan calhaj yang sudah mendaftar sejak enam tahun lalu. Alhamdulillah, akhirnya mereka bisa berangkat ke Mekah pada tahun ini dan semoga menjadi haji mabrur,” harap Ahmad.

Advertisement

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif