Soloraya
Jumat, 5 Agustus 2016 - 18:40 WIB

BURSA SEKDA SOLO : Inilah 7 Pejabat Pemkot Berebut Kursi Sekretaris Daerah

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Mufid Aryono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengambilan sumpah dan janji pejabat pegawai negeri sipil. (JIBI/Solopos/Dok.)

Bursa Sekda Solo, ada tujuh pejabat Pemkot yang mendaftarkan diri di detik-detik terakhir pendaftaran.

Solopos.com, SOLO–Tujuh pejabat eselon II di lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Solo bakal bersaing memperebutkan kursi sekretaris daerah (sekda). Pejabat tersebut mendaftarkan diri didetik-detik terakhir pendaftaran, Jumat (5/8).

Advertisement

Berdasarkan data dihimpun Solopos.com, tujuh pejabat maju dalam bursa sekda di antaranya Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Budi Yulistianto, Asisten Administrasi Setda sekaligus Plt. Sekda Rahmat Sutomo, Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Widdi Srihanto, Kepala Inspektorat Untara, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Etty Retnowati, Asisten Pemerintahan Said Romadhon, dan Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Hasta Gunawan.

“Berkas lamaran ketujuh pejabat masih diverifikasi petugas, sebelum diserahkan kepada Panitia Seleksi (Pansel) Sekda,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Solo sekaligus Kepala Sekretariat Pansel Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Pratama, Hari Prihatno, Jumat.

Hari mengatakan tujuh pejabat mendaftar di hari terakhir pendaftaran. Mereka menyerahkan berkas persyaratan sekaligus makalah mengenai visi dan misi sekda. Makalah tersebut menjadi persyaratan khusus bagi calon sekda yang wajib disertakan. “Jadi banyak pelamar yang merampungkan makalah itu lebih dulu, sehingga baru bisa mendaftar di hari terakhir,” katanya.

Advertisement

Hari menjelaskan merujuk Peraturan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 5 Tahun 2005 tentang Pedoman Penilaian Calon Sekda Provinsi, Kota/Kabupaten, calon Sekda sekurang-kurangnya pernah menduduki dua jabatan struktural Eselon IIB yang berbeda. Selain itu, minimal memiliki ijazah S1, serta berusia paling tinggi setahun sebelum mencapai batas usia pensiun. Berdasar data internal Pemkot, ada 17 pejabat eselon II yang memenuhi syarat sebagai calon Sekda. “Tapi hanya tujuh pejabat eselon II yang mendaftarkan diri,” katanya.

Lebih lanjut Hari menjelaskan mekanisme penyeleksian calon sekda akan dilakukan secara ketat. Nantinya pansel yang telah dibentuk akan menetapkan tiga nama calon sekda. Kemudian ketiga nama disodorkan ke wali kota untuk dipilih satu nama dan dilanjutkan ke Gubernur Jawa Tengah.

Anggota Sekretariat Pansel, Dwi Ariyatno mengatakan pengumuman bakal calon yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi akan diumumkan, Senin (8/8/2016). Mereka yang dinyatakan lolos administrasi akan maju ke tahap berikutnya.

Advertisement

“Proses berikutnya penjelasan tahapan tes, yang dijadwalkan Selasa (9/8/2016). Dan pelaksanaan tes dilakukan Senin (15/8/2016),” kata dia.

Kepala DKP Solo, Hasta Gunawan mengakui sudah mendaftar. Ia siap bersaing dengan calon lainnya dalam memperebutkan kursi sekda.

?

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif