Jogja
Kamis, 4 Agustus 2016 - 04:40 WIB

PERTANIAN SLEMAN : Petani Minapadi Diimbau Tak Tergoda Rayuan Pengepul

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pertanian. (JIBI/Solopos/Dok)

Pengepul beralasan beras minapadi tidak sesedap dibandingkan dengan beras hasil panen di lahan konvensional,

Harianjogja.com, SLEMAN- Bupati Sleman, mengimbau petani yang mengembangkan minapadi tidak terjebak akal-akalan pengepul yang mempermainkan harga.

Advertisement

“Seringkali hasil panen beras minapadi dibeli rendah oleh pengepul. Pengepul beralasan beras minapadi tidak sesedap dibandingkan dengan beras hasil panen di lahan konvensional,” kata Sri Purnomo seperti dikutip Antara, Selasa (2/8/2017).

Menurut dia, apa yang dinyatakan para pengepul tersebut hanya sebagai senjata untuk mendapatkan harga hasil panen yang paling rendah.

“Kalau ada yang bilang nasi dari hasil minapadi ‘anyep’, itu hanya akal-akalan pembeli saja,” katanya.

Advertisement

Ia mengatakan, beras yang dihasilkan dari lahan minapadi jauh lebih sehat dan bebas dari bahan kimiaw. Sehingga seharusnya, harga beras minapadi tidak sama dengan beras-beras biasanya di pasaran.

“Kalau dilihat dari prosesnya beras minapadi merupakan beras organik, sehingga seharusnya harganya lebih tinggi. Dan petani harus melabeli beras hasil panennya dengan nama beras organik,” katanya.

Mengelola lahan minapadi memang tidak murah, terutama pada awal pembuatan. Sebab sisi lahan harus diperdalam untuk penampungan air yang lebih banyak, sehingga ikan dapat hidup.

Advertisement

“Modal besar di awal akan memunculkan banyak keuntungan pada masa tanam selanjutnya. Selain mengurangi penggunaan pupuk kimia dan serangan hama, jumlah hasil panen padi di lahan minapadi selalu lebih tinggi di banding lahan biasanya,” katanya.

Sedangkan pada sisi lain, hasil panen ikan dari lahan minapadi dapat menjadi sumber pemasukan baru bagi petani.

“Maka itu petani minapadi harus melanjutkan pertanian minapadi di masa-masa berikutnya,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif