Jogja
Kamis, 4 Agustus 2016 - 07:40 WIB

PASAR SENI GABUSAN : Pemkab Bantul Masih Terkendala Anggaran untuk Beli Lahan

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi Pasar Seni gabusan (JIBI/Harian Jogja/Antara)

Lahan PSG hingga kini masih di atas lahan kas desa yang disewa Pemkab selama 20 tahun.

Harianjogja.com, BANTUL – Pemerintah Kabupaten Bantul,  masih terkendala ketersediaan anggaran untuk melakukan pembebasan lahan kawasan Pasar Seni Gabusan di Desa Timbulharjo.

Advertisement

“Untuk Pasar Seni Gabusan, sebenarnya tahun ini mau dibeli. Namun, karena keterbatasan dana belum jadi dibeli sehingga itu masih tanah kas desa,” kata Ketua Komisi B DPRD Kabupaten Bantul Widodo seperti dikutip Antara, Rabu (3/8/2016).

Menurut dia, Pasar Seni Gabusan yang terletak di Jalan Parangtritis seluas 4 hektare tersebut saat ini masih berdiri di atas lahan kas Desa Timbulharjo, sementara pemerintah kabupaten menyewa dengan jangka waktu selama 20 tahun.

Ia mengatakan bahwa rencana pembelian lahan PSG yang menampung puluhan pengrajin untuk berjualan di kios-kios maupun los itu telah digulirkan relatif cukup lama, bahkan pada 2015 sudah dilakukan apraisal atau penilaian aset lahan untuk dibeli pemkab pada 2016.

Advertisement

“Kemarin sudah diajukan untuk pembebasan lahan PSG pada tahun 2016 sebesar Rp29 miliar oleh Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi sesuai dengan hasil apraisal. Akan tetapi, karena belum ada anggarannya, terpaksa ditunda,” katanya.

Oleh sebab itu, kata dia, lembaga legislatif yang membidangi pembangunan perekonomian tersebut akan mengupayakan pembebasan lahan Pasar Seni Gabusan dianggarkan pada tahun 2017 meskipun harus melakukan penilaian aset ulang untuk mengetahui nilai terbaru.

“Pada tahun anggaran 2017 kalau memungkinkan dan anggaran ada, bisa saja (pembebasan lahan). Bahkan, kalau nanti dimungkinkan dianggarkan lewat dana keistimewaan (danais), kalau memang kami tidak mampu,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif