News
Kamis, 4 Agustus 2016 - 15:35 WIB

KISAH UNIK : Soal Ujian “Anti-Mainstream” Ini Bikin Netizen Terharu

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Soal ujian STMIK Amikom Purwokerto yang menjadi viral di media sosial. (Istimewa)

Kisah unik datang dari soal ujian yang sedang menjadi viral.

Solopos.com, PURWOKERTO – Soal ujian STMIK Amikom Purwokerto menghebohkan jagat maya. Publik dunia maya (netizen) riuh dengan unggahan soal ujian yang dilontarkan salah satu dosen yang mengajar mata kuliah Kriptografi itu.

Advertisement

Soal ini menjadi viral usai diunggah di situs berbagi lelucon, 1Cak.com, Rabu (3/8/2016). Unggahan ini langsung menjadi salah satu yang terpopuler dalam 24 jam terakhir.

Soal ini diedarkan pada 1 Agustus 2016 dan dibuat oleh Dosen Kriptografi, Muhammad Imron. Dia bahkan menulis ujian bersifat open book atau boleh membuka buku.

Soal ujian ini memang tak seperti soal ujian biasa. Di pembukaan soal dikatakan bahwa pada peserta kuliah sudah menjalani proses penugasan, kuis hingga proyek. “Saya kira itu sudah cukup,” tulis dosen itu dalam soal.

Advertisement

“Karakter bangsa ditentukan oleh kalian, bisa saja saya membuat ujian yang lebih sulit tapi saya tidak ingin Anda menjadi orang yang tidak lupa dari mana Anda dapat menghormati dan menghargai orang lain,” katanya.

Dia membuat 10 soal yang isinya bagaimana sikap mahasiswanya kepada orangtuanya, terutama ibu mereka. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan dalam ujian open book ini barangkali sarat akan muatan moral. Mengingatkan lagi bagaimana perjuangan orangtua, terutama ibu membesarkan anak-anaknya.

Kriptografi sendiri sebenarnya ilmu yang mempelajari teknik-teknik matematika yang berhubungan dengan aspek keamanan informasi, seperti kerahasiaan data, keabsahan data, integritas data, serta autentikasi data.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif