Soloraya
Kamis, 4 Agustus 2016 - 15:30 WIB

Dokter Lo Siaw Ging Sembuh, Ini Perkembangan Kondisinya di RS Kasih Ibu Solo

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Dokter Lo Siaw Ging duduk di kursi roda di RS Kasih Ibu Solo, Kamis (4/8/2016). (Mahardini Nur Afifah/JIBI/Solopos)

Dokter Lo Siaw Ging telah pulih dan boleh pulang dari RS Kasih Ibu Solo.

Solopos.com, SOLO — Kondisi dokter Lo Siaw Ging, dokter yang dikenal dengan kedermawanannya di Solo, telah pulih setelah dirawat hampir dua pekan di Rumah Sakit (RS) Kasih Ibu. Kamis (4/8/2016) ini, dokter Lo telah diizinkan pulang dari RS meskipun masih mengenakan kursi roda dan alat bantu jalan.

Advertisement

“Mengenai keadaan sakitnya saya, pada hari ini saya sudah merasa jauh lebih baik, dan oleh dokter yang merawat, saya diizinkan pilang rawat jalan dan nanti menjalani fisioterapi,” kata dokter Lo dalam jumpa pers di RS Kasih Ibu, Kamis siang.

Berdasarkan kopi data resume rehabilitasi medik yang diterima reporter Solopos, Mahardini Nur Afifah, dr. Lo Siaw Ging mulai dirawat pada Jumat (22/7/2016) lalu. Saat itu, Lo dinyatakan mengalami keluhan lemah anggota bagian tubuh sebelah kiri serta nyeri dan kaku di bahu sejak pagi. Saat itu, dokter Lo masih bisa berbicara lancar, bisa dipahami, dan daya ingatnya baik, namun belum mampu bangun dari posisi berbaring.

Dokter yang merawatnya mendiagnosanya sebagai Hemiparesis dextra et causa stroke non Haemorhagic dan Frozen shoulder dextra. Pria 82 tahun itu pun menjalani program fisioterapi berupa latihan pernapasan, peningkatan gerak sendi, latihan otot, ultra sound dan lain-lain.

Advertisement

#gallery-1 { margin: auto; } #gallery-1 .gallery-item { float: left; margin-top: 10px; text-align: center; width: 33%; } #gallery-1 img { border: 2px solid #cfcfcf; } #gallery-1 .gallery-caption { margin-left: 0; } /* see gallery_shortcode() in wp-includes/media.php */

Dokter Lo Siaw Ging berjalan dengan bantuan alat bantu jalan (walker) di RS Kasih Ibu Solo, Kamis (4/8/2016). (Mahardini Nur Afifah/JIBI/Solopos)
Dokter Lo Siaw Ging duduk di kursi roda di RS Kasih Ibu Solo, Kamis (4/8/2016). (Mahardini Nur Afifah/JIBI/Solopos)

Pada hari kedua, kondisi dokter Lo jauh lebih baik. Dia bisa duduk tegak di tempat tidur. Namun, tangannya masih lemah dan sulit menggenggam atau menulis. Dokter memberinya latihan peningkatan kemampuan motorik halus, latihan sensorik motor terintegrasi, dan latihan fisik harian.

Advertisement

Hari keemat, dokter Lo bisa turun dari tempat tidur dan berdiri dengan bantuan asisten serta alat bantu jalan. Pada hari ketujuh, dia sudah mampu berjalan sendiri dengan alat bantu walker di dalam ruangan.

Program rehabilitasi masih diteruskan dengan latihan peningkatan ketahanan tubuh dan peningkatan kemampuan fisik, salah satunya dengan sepeda statis. Dari sini dokter menyarankan program diteruskan hingga sepekan berikutnya secara bertahap/

Hari ke-12, dokter Lo menjalani tes evaluasi rehabilitasi medik berupa tes kemampuan aktivitas dan tes kemampuan kognitif. Hal itu dilakukan sebelum dokter Lo pulang siang ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif