Jogja
Kamis, 4 Agustus 2016 - 04:19 WIB

BMT DIY : Apex Segera Kejar Dana Rp8 Miliar

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Trisaktiyana, melakukan penandatangan peresmian lembaga Apex disaksikan Ketua Apex DIY, Muhammad Ridwan (tiga kanan), Rabu (3/8/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

BMT DIY akhirnya memiliki wadah khusus.

Harianjogja.com, SLEMAN — Apex Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) resmi dibentuk untuk mewadahi Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) atau Baitul Maal wat Tamwil (BMT) di DIY. Acara peresmian Apex dilaksanakan dalam kegiatan Syawalan KSPPS/BMT di Rumah Makan Sendang Ayu, Kalasan, Sleman, Rabu (3/8/2016).

Advertisement

Ketua Apex DIY, Muhammad Ridwan menyatakan lembaga ini memiliki tiga fungsi utama. Pertama, pooling of fund atau penghimpunan dana berupa iuran dari anggota KSPPS/BMT. Pooling of fund akan membantu menjembatani kebutuhan likuiditas anggota dalam waktu yang cepat baik karena kondisi ekonomi.

“Setiap anggota wajib menyimpan dananya kepada Apex dalam bentuk simpanan wajib minimum Rp50 juta. Jika anggota membutuhkan, Apex dapat memberikan pinjaman tiga kali lipat simpanan wajib minimumnya tanpa prosedur macam-macam,” kata Ridwan, Rabu.

Fungsi kedua, Financial Assitance atau penghimpunan funding dari luar untuk memberikan akses permodalan dan pembiayaan produktif dan komersial kepada anggota Apex, sementara fungsi terakhir adalah technical assistance berupa pemberdayaan SDM dengan pelatihan.

Advertisement

“Target kita jangka pendek kita kejar yang poolling of fund Rp8 miliar karena ini sangat mendesak,” kata Ridwan.

Menurutnya, kehadiran Apex sangat dibutuhkan KSPPS/BMT karena sebagai perlindungan terhadap anggota pemilik simpanan, agar anggota tetap dapat menarik simpanannya sesuai hak-hak tanpa terganggu kondisi likuiditas.

Dalam kesempatan syawalan tersebut juga dilakukan pelantikan pengurus Asosiasi BMT Indonesia (Absindo) DIY. Ketua Absindo Pusat Arizon Hendri mengatakan agar BMT yang ada selalu mengutamakan azas kekeluargaan.

Advertisement

“Jangan dhewe-dhewe. Perkumpulan kita semoga memiliki sakinah sehingga membawa manfaat bagi orang lain,” harapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Trisaktiyana, yang datang meresmikan Apex berharap agar keberadaan lembaga tertinggi di bidang koperasi syariah ini mampu menjadi wadah bagi KSSPS/BMT di DIY.

“Mampu menjadi wadah untuk bekerja sama bukan untuk bersaing,” kata dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif