Jogja
Rabu, 3 Agustus 2016 - 10:55 WIB

NARKOBA JOGJA : Pekerja Pengguna Aktif Capai 36%

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi barang bukti kasus peredaran gelap narkoba. (JIBI/Solopos/Antara/Agung Rajasa)

Narkoba Jogja, pekerja masih jadi sasaran.

Harianjogja.com, JOGJA  — Para pekerja masih menjadi kelompok yang rentan dalam penyalahgunaan narkoba.

Advertisement

Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaaan Masyarakat Badan Narkotika Nasional Yogyakarta (BNNP) DIY Bambang Wiryanto, mengatakan dari dua juta orang berusia produktif,  23.000 orang di antaranya adalah pengguna coba-coba dan 60.182 orang pengguna aktif.

Sedangkan persentase pekerja sebagai pengguna aktif mencapai 36 persen, sisanya ditempati oleh pelajar dan mahasiswa, serta rumah tangga.

Ia menyebut alasan para pekerja menjadi pengguna adalah tekanan atasan, kurang diperhatikan dan merasa difitnah di lingkungan kerja.

Advertisement

Meskipun demikian, BNNP mencatat bahwa para pekerja tersebut sebelumnya pernah memiliki riwayat sebagai pengguna.

“Alhasil begitu bekerja, mereka kembali menggunakannya,” ujar  Bambang, di sela-sela Workshop Peranan dan Partisipasi P4GN di komplek Kepatihan Jogja, Selasa (2/8/2016).

Menurut dia, untuk menekan pengguna narkoba di kalangan pekerja, BNNP terus berkoordinasi dengan pimpinan perusahaan. Ke depan, diharapkan para pimpinan perusahaan mampu mengambil kebijakan kepada pekerja yang menggunakan narkoba.

Advertisement

“Rekomendasi kami ya, rehabilitasi atau proses hukum,” imbuhnya.

Sementara Kepala BNNP DIY Sutarmono mengatakan ada 60 instansi swasta ambil bagian pada Workshop Peranan dan Partisipasi P4GN kali ini. Lewat kegiatan ini BNNP ingin mengingatkan kepada pihak swasta untuk berpartisipasi dan mendampingi pekerja agar tidak menyalahgunakan narkoba.

“Harapannya setelah kegiatan ini mereka bisa lebih ambil bagian dalam upaya mencegah penyalahgunaan narkoba di lingkungannya,” harap dia.

Advertisement
Kata Kunci : BNNP DIY Narkoba Jogja
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif