Jogja
Rabu, 3 Agustus 2016 - 21:20 WIB

BMT DIY : Apex Terbentuk, Ini Fungsinya

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Kepala Dinas Koperasi dan UKM DIY, Trisaktiyana, melakukan penandatangan peresmian lembaga Apex disaksikan Ketua Apex DIY, Muhammad Ridwan (tiga kanan), Rabu (3/8/2016). (Bernadheta Dian Saraswati/JIBI/Harian Jogja)

BMT DIY akhirnya memiliki wadah khusus.

Harianjogja.com, SLEMAN — Apex Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) resmi dibentuk untuk mewadahi Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah (KSPPS) atau Baitul Maal wat Tamwil (BMT) di DIY. Acara peresmian Apex dilaksanakan dalam kegiatan Syawalan KSPPS/BMT di Rumah Makan Sendang Ayu, Kalasan, Sleman, Rabu (3/8/2016).

Advertisement

Ketua Apex DIY, Muhammad Ridwan menyampaikan, Apex dibentuk layaknya Bank Indonesia (BI) yang menjadi pengayom bagi bank-bank di Indonesia. Apex merupakan program nasional yang diturunkan sampai tingkat provinsi yang keberadaannya mewadahi KSPPS/BMT di daerah.

Sebenarnya, kata dia, fungsi Apex sebagai pengayom KSPPS/BMT sudah dilakukan Pusat Koperasi Syariah (Puskopsyah). Fungsi yang telah dijalankan adalah Financial Assitance yakni menghimpun funding dari luar seperti perbankan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif