Jogja
Selasa, 2 Agustus 2016 - 03:20 WIB

TERMINAL SEMIN : Tak Ingin Mati Suri, Dishubkominfo Siapkan Program Ini

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Suasana di Terminal Tipe C Semin terlihat lengang. Dishubkominfo Gunungkidul masih akan melengkapi beberapa fasilitas sebelum dioperasikan secara resmi, Minggu (31/7/2016). (David Kurniawan/JIBI/Harian Jogja)

Terminal Semin memiliki banyak tantangan

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pengoperasian Terminal Tipe C Semin memiliki banyak tantangan agar berfungsi dengan maksimal. Jika tidak diimbangi dengan perencanaan yang matang maka keberadaan fasilitas itu malah bisa jadi bangunan yang mangkrak.

Advertisement

Lokasi yang jauh dari Pasar Semin menjadi salah satu faktor penting dalam pengoperasian terminal. Oleh karenanya, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Gunungkidul harus membuat perencanaan yang matang agar fasilitas itu dapat berfungsi dengan maksimal.

Kepala Bidang Transportasi Dishubkominfo Gunungkidul Kuncoro Budi Santoso mengatakan idealnya lokasi terminal dengan pasar harus berdekatan. Tujuannya agar kedua fasilitas ini bisa saling topang dan melengkapi, sehingga bisa berkembang secara bersama-sama.

Advertisement

Kepala Bidang Transportasi Dishubkominfo Gunungkidul Kuncoro Budi Santoso mengatakan idealnya lokasi terminal dengan pasar harus berdekatan. Tujuannya agar kedua fasilitas ini bisa saling topang dan melengkapi, sehingga bisa berkembang secara bersama-sama.

Hanya saja, upaya ini tidak bisa diwujudkan di Semin, karena keberadaan pasar dengan terminal baru lokasinya berjauhan. Kuncoro tidak menampik, lokasi yang berjauhan ini bisa berdampak terhadap pengoperasian terminal. Oleh karenanya, Dishubkominfo telah menyiapkan beberapa program agar keberadaan terminal bisa berfungsi maksimal dan tak jadi mangkrak.

Menurut dia, salah satu upaya agar terminal bisa berfungsi dengan baik dilakukan rekayasa arus lalulintas di depan Pasar Semin. Sejak akhir Juni lalu, area depan pasar dibuat searah. Kendaraan yang melaju dari arah Wonosari tidak diperbolehkan melintas di depan pasar mulai pukul 06.00-18.00 WIB.

Advertisement

Dia menjelaskan diterapkannya jalur searah diharapkan bisa membantu dalam pengoperasian terminal. Seluruh angkutan baik yang berasal dari wilayah Klaten atau pun Wonosari bisa masuk terminal dengan tetap bisa melintas di depan pasar. harapannya dengan kebijakan ini juga bisa mengurai kepadatan arus kendaraan di depan pasar saat pagi hari.

“Teknisnya, angkutan yang masuk dari Klaten ke pasar dulu baru ke terminal dan pulangnya lewat jalur lingkar. Sedang yang dari Wonosari masuk terminal dulu kemudian lewat jalur lingkar dan baru ke pasar kemudian menuju Wonosari lagi,” ungkapnya.

Selain menerapkan jalur searah, Kuncoromengaku sudah berkoordinasi dengan sejumlah Perusahaan Otobus agar mau masuk ke terminal. Hasilnya PO Rosalia Indah dan Santoso mengaku siap masuk ke terminal. Adapun fasilitas lain guna menunjang keberadaan terminal, dishubkominfos akan menyiapkan lokasi untuk agen bus serta beberapa tempat berjualan agar suasana terminal tetap ramai.

Advertisement

Kepala Dishubkominfo Gunungkidul Purnamajaya mengatakan, Terminal Semin sudah dilakukan proses uji coba sejak awal Juli ini, tetapi untuk pengoperasian secara resmi urung dilakukan, karena masih membutuhkan kelengkapan fasilitas pendukung. Beberapa fasilitas itu antara lain, lampu penerangan jalan dan ruang tunggu yang belum terbangun secara sempurna hingga masalah parkir angkutan.

Dia pun berharap, proses penyempurnaan ini tidak berjalan lama sehingga proses pengoperasian resminya bisa dikaukan sesuai target, yakni di akhir tahun mendatang. “Akan terus kita kerjakan, sehingga saat operasi nanti bisa lebih maksimal,” kata Purnama.

Dia menjelaskan, meski belum resmi dibuka, namun terminal itu sudah melayani proses keluar masuk angkutan. Rencananya terminal ini tidak hanya melayani rute pedesaan dan perkotaan, tapi juga melayani jalur antar daerah.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif