Teknologi
Selasa, 2 Agustus 2016 - 04:00 WIB

SERANGAN MALWARE : Malware Ini Basa Bobol OS X

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (searchterms.com)

Serangan malware Backdoor.MAC.Eleanor bisa menembus pertahanan OS X.

Solopos.com, SOLO — Perusahaan software dan keamanan jaringan Bitdefender baru saja menemukan malware yang mengetahui celah baru untuk masuk ke dalam sistem operasi OS X di Mac lewat jalan belakang.

Advertisement

Sistem Mac telah berhasil ditembus oleh jenis malware baru yang memungkinkan penyerang memiliki kuasa penuh untuk mengendalikan sistem operasi OS X.

Jenis malware yang diberi nama Backdoor.MAC.Eleanor oleh para peneliti sistem keamanan itu memberikan akses jalan belakang kepada para penyerang ke sistem OS X dengan membenamkan script ke dalam aplikasi konverter file palsu.

“Tipe malware baru ini sangat berbahaya karena sulit untuk terdeteksi dan memberikan akses serta kuasa penuh atas sistem Mac yang diserang,” ucap Technical Leader di Bitdefender Antimalware Lab, Tiberius Axinte, seperti dikutip Cult of Mac, Senin (1/8/2016).

Advertisement

Peneliti dari Bitfedender menemukan malware ini pada aplikasi EasyDoc Converter yang terlihat memiliki fungsi sebagai konverter drag-and-drop file namun sebetulnya memiliki fungsi asli sebagai pengunduh script berbahaya ke dalam sistem mesin.

Backdoor.MAC.Eleanor kemudian menciptakan alamat Tor yang unik pada sistem mesin yang telah terinfeksi. Selain memberikan kemampuan bagi penyerang untuk menguasai sistem secara keseluruhan, malware ini memungkinkan penyerang untuk mengambil foto dan video dengan menggunakan web-camera.

Karena aplikasi ini belum didaftarkan oleh Apple, para peneliti keamanan menyarankan pengguna sistem operasi Mac untuk secara rutin mengganti pengaturan sistem keamanan Mac untuk hanya mengizinkan aplikasi yang didapat dari Apps Store resmi Mac dan pengembang aplikasi resmi lainnya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif