Sport
Selasa, 2 Agustus 2016 - 23:30 WIB

RANKING PETENIS : Djokovic-Serena Masih yang Terbaik

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ranking petenis menyajikan Novak Djokovic dan Serena Williams yang berada di posisi teratas.

Solopos.com, TORONTO — Novak Djokovic kian mantap menduduki posisi sebagai petenis nomor satu dunia. Keberhasilan menjuarai Rogers Cup 2016 akhir pekan lalu, membikin petenis asal Serbia ini memperlebar jarak dengan rival terdekat, Andy Murray, yang nangkring di peringkat kedua dunia.

Advertisement

Djokovic masih menjadi petenis terbaik di dunia dengan mengemas 16.040 poin. Ia membikin sejarah dengan menjadi petenis pertama yang mampu mengoleksi gelar ATP World Tour Masters 1000 sebanyak 30 setelah merengkuh trofi Toronto Masters 2016.

Di samping itu, petenis berusia 29 tahun itu masuk daftar pemegang status petenis terbaik dunia terlama di urutan kelima sepanjang masa. Kini Djokovic sudah berkuasa selama 210 pekan beruntun. Sedangkan di tempat teratas masih dipegang petenis senior Roger Federer yang berjaya selama 302 pekan beruntun. Federer disusul Pete Sampras (286 pekan), Ivan Lendl (270 pekan), dan Jimmy Connors (268 pekan).

“Saya kira hasil ini tak dapat tiba-tiba. Semua berproses seperti apa yang sudah terjadi sepanjang karier tenis saya. Terkadang saya memulai turnamen dengan perasaan tak nyaman, baru kemudian menemukan ritme permain. Perlahan-lahan mental saya juga terbentuk,” ungkap Djokovic, dilansir Atpworldtour.com, Selasa (2/8/2016).

Advertisement

Di posisi lima besar tunggal putra setelah Djokovic masih diisi Murray (2), dan Federer (3). Sedangkan Rafael Nadal (5) dan Stan Wawrinka (4) bertukar tempat. Sementara Kei Nishikori yang menjadi runner up Rogers Cup 2016 berada di urutan keenam.

Sementara itu, terlepas dari ketidakikutsertaan Serena Williams di ajang Rogers Cup 2016, petenis asal Amerika Serikat ini masih menempati peringkat pertama dunia dengan mengantongi 8.300 poin. Angelique Kerber juga bertahan di urutan kedua. Simona Halep yang baru saja juara di Montreal melejit dari nomor lima menjadi nomor tiga dunia.

Serena terpaksa absen di Montreal karena mengalami masalah kesehatan. Setelah ini petenis berusia 34 tahun itu dijadwalkan turun di Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil. Dari Olimpiade ia akan bermain di Grand Slam US Open 2016.

Advertisement

“Ini membuat saya semakin senang sekaligus rileks. Ini membuktikan saya berada di level permainan tenis yang bagus,” jelas Halep, dilansir wtatennis.com.

Peringkat Petenis Tunggal Putra Dunia
1. Novak Djokovic
2. Andy Murray
3. Roger Federer
4. Stan Wawrinka
5. Rafael Nadal
6. Kei Nishikori
7. Milos Raonic
8. Tomas Berdych
9. Jo-Wilfried Tsonga
10. Dominic Thiem Austria

Peringkat Petenis Tunggal Putri Dunia
1. Serena Williams
2. Angelique Kerber
3. Simona Halep
4. Garbine Muguruza
5. Agnieszka Radwanska
6. Venus Williams
7. Victoria Azarenka
8. Roberta Vinci
9. Madison Keys
10. Svetlana Kuznetsova

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif