Jogja
Selasa, 2 Agustus 2016 - 01:20 WIB

BANTUL EXPO : Sewa Lahan Bantul Expo Tak Masuk Kas Daerah

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bantul Expo 2015 (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Bantul Expo tahun ini dikelola oleh swasta

Harianjogja.com, BANTUL– Sewa menyewa kavling di area Bantul Expo (BE) 2016 di Pasar Seni Gabusan (PSG) belum memberi pendapatan bagi daerah. Sebanyak 96 kavling disewakan ke swasta.

Advertisement

Pengelolaan sewa menyewa stan di kegiatan akbar Bantul Expo tahun ini diserahkan ke pihak ketiga yaitu CV Ridho Pangestu. Sebelumnya, sewa menyewa kavling dikelola oleh Humas Pemkab Bantul.

“Kami mengajukan proposal untuk mengelola stan Bantul Expo,” ungkap Bambang Gunawan, pemilik CV Ridho Pangestu, Senin (1/8/2016).

CV Ridho Pangestu bertugas menyediakan tenda, listrik, mengelola kebersihan dan keamanan. Pihak ketiga menawarkan harga sewa kavling sebesar Rp800.000 per unit berukuran 12 meter persegi.

Advertisement

Hingga saat ini, Bambang menyebut, ada sebanyak 96 kavling yang telah disewa masyarakat untuk menjual berbagai barang pada event Bantul Expo 2016. Alhasil total keuntungan yang didapat dari sewa menyewa stan swasta tersebut sebesar Rp76.,8 juta.

Namun Bambang memastikan, tidak ada retribusi atau sebagian pendapatan yang disetor ke kas daerah Pemkab Bantul selaku pihak yang saat ini memiliki PSG. Ia beralasan, penghasilan yang didapat dari sewa menyewa sangat minim, selain alasan belum adanya aturan yang jelas soal retribusi atau setoran pendapatan persewaan kavling.

“Apanya yang mau dibayar untuk retribusi. Sewa tenda saja sudah Rp300.000, listrik Rp200.000 lainnya masih harus menjaga kebersihan dan keamanan. Balik modal saja belum tentu,” ungkapnya lagi.

Advertisement

Menurut Bambang, harga sewa kavling pada event Bantul Expo sangat murah bila dibanding di daerah tetangga seperti Sleman. Ia mengklaim sewa kavling di Sleman pada acara serupa mencapai hingga Rp1,5 juta atau dua kali lipat.

“Kami ikut juga hanya untuk berpartisipasi saja,” tutur dia. Ke depan kata dia, pemerintah perlu mempertimbangkan kenaikan sewa kavling pada kegiatan Bantul Expo.

Advertisement
Kata Kunci : Bantul Ekspo Bantul Expo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif