Teknologi
Selasa, 2 Agustus 2016 - 02:00 WIB

AKSES INTERNET : VoLTE Diprediksi Jadi Tren Baru Layanan Suara

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Layanan VoLTE Smartfren (Okezone)

Akses Internet semakin maju dengan adanya VoLTE.

Solopos.com, SOLO —  Layanan Voice Over LTE (VoLTE) diprediksi menjadi tren baru layanan suara (voice). Dengan VoLTE, pengguna seluler dapat menikmati layanan voice berkualitas  High Definition (HD).

Advertisement

Seiring berkembangnya teknologi, layanan akses Internet VoLTE semakin banyak diadopsi di dunia. Tak hanya VoLTE, layanan lain juga akan mengubah cara berkomunikasi mobile di masa depan.

Layanan yang dimaksud adalah Video over LTE (ViLTE), dan Rich Communication Services (RCS),  merupakan evolusi dari layanan komunikasi berbasis 3GPP. Hal itu diungkap dari publikasi white paper 5G Americas.

5G Americas sendiri merupakan asosiasi yang menaungi penyedia layanan dan infrastruktur telekomunikasi, berbasis di Washington, Amerika Serikat (AS).

Advertisement

Presiden 5G Americas, Chris Pearson, mengatakan layanan VoLTE, ViLTE, HD Voice, dan RCS semakin banyak diadopsi berkat komitmen operator dalam menyediakan jaringan berkualitas kepada pengguna.

Layanan akses Internet VoLTE diprediksi menyaingi layanan VoIP karena menawarkan layanan voice berkualitas tinggi dengan latensi rendah, tapi berkapasitas tinggi. Laporan mengungkap layanan ini  kali pertama muncul pada 2012. Operator telekomunikasi di Amerika Utara merupakan pengadopsi pertama VoLTE.

“VoLTE telah membawa kemajuan dalam beberapa tahun terakhir. Dan kini VoLTE semakin tumbuh signifikan,” ujar Pearson, sebagaimana dikutip dari Cellular-News, Senin (1/8/2016).

Advertisement

5G Americas juga memprediksi adopsi ViLTE semakin besar dalam beberapa tahun mendatang. Saat ini, ViLTE masih dianggap sebagai layanan pelengkap.

Begitu juga layanan pesan singkat berbasis RCS. Layanan ini dinilai menguntungkan karena pengguna nantinya tak hanya sekadar berkirim pesan teks, tetapi juga mengirimkan file multimedia, hingga transfer data.

Di Indonesia, operator seluler yang tengah gencar menghadirkan layanan VoLTE adalah Smartfren. Anak usaha Sinar Mas itu bahkan sudah merilis kartu perdana khusus VoLTE beberapa waktu lalu.

Advertisement
Kata Kunci : Akses Internet VoLTE
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif